9 Tips Jadi Interior Designer Pemula Agar Bisa Bersaing

9-tips-jadi-interior-designer-pemula

Tips jadi interior designer pemula- Bagi yang sedang menjalankan bisnis awal sebagai seorang interior designer pasti akan menemukan kendala. Biasanya interior designer pemula masih kesusahan untuk menemukan basis nama agar bisa dikenal di kalangan klient-klientnya. Ini karena kurangnya pengalaman dan tidak menutup kemungkinan mereka baru di bidangnya. 

Lantas apa yang bisa dilakukan oleh banyak interior designer pemula agar bisa bersaing bebas dan menyetarakan jasa pekerjaannya ke banyak orang lain yang membutuhkan? Dalam dunia desain interior pasti akan menerapkan trial dan error dalam menjelajahi berbagai macam proyek pekerjaan yang membuat mereka sampai-sampai kalah dalam persaingan. Berikut adalah tips menjadi interior designer yang masih entry level agar bisa bersaing.

Macam-Macam Tips Jadi Interior Designer Pemula

Mengkilas balik potensi sebagai seorang interior designer pemula yang juga memungkinkan para pelakunya tidak bisa bertahan karena pengaruh daya saing yang tinggi. Sebaiknya para interior designer tersebut menerapkan beberapa tips yang bisa dipraktekkan langsung dalam beberapa proses seperti halnya akan dijelaskan dalam point-point berikut: 

1. Buat Proyek Tempa yang Bagus untuk Prospek Masa Depan

Salah satu tips jadi interior designer pemula adalah dengan mencoba mencari proyek tempa atau proyek buatan yang mendukung perkembangan profesionalitas untuk menambah pengalaman dari menyelesaikan proyek tersebut. Proyek tempa atau buatan ini dapat dicari dengan mengembangkan koneksi dan juga memasarkan ke kenalan terdekat. 

Salah satu cara mereka memberikan kepercayaan untuk mengerjakan desain interior kepada seorang interior designer adalah dengan membangun branding nama yang bagus secara online maupun offline. Kendati demikian, coba juga meyakinkan para klien dengan cara membicarakan tawaran menarik mengenai pengerjaan proyek atau menawarkan secara langsung portofolio desain digital anda dan beberapa kelebihan anda dalam ber-interior design. 

Baca Juga :   Ingin Membeli Rumah Cash? Wajib Tahu 10 Tips Ini.

2. Koneksi dengan Banyak Pemasok Material dan Tenaga Borongan

Berkoneksi dengan banyak pihak sebagai rekan kerja atau rekan pendukung adalah hal yang juga perlu sebagai tips jadi interior designer pemula. Hal ini menjadi bagian yang membantu para interior designer dalam proses penawaran jasa ke klien. Biasanya dalam menawarkan kerja para klien akan lebih menyukai seorang interior designer yang memiliki banyak pilihan mengenai contoh desain interior yang ada begitupun dengan material yang dipakai nantinya. 

Dengan memiliki koneksi ke pemasok material dan tenaga borongan berarti juga memudahkan para interior designer bisa memakai jasa mereka sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Ini karena sudah saling mengenal dan bekerja sama dalam dua kepentingan yang berbeda. Interior designer membutuhkan pemasok material dan tenaga borongan untuk urusan pengerjaan proyek begitupun sebaliknya.  

3. Analisa dan Audit Proyek Tempa yang Selesai

Selanjutnya adalah salah satu tips jadi interior designer pemula yaitu dengan menganalisa proyek tempa yang selesai. Analisa dibutuhkan agar bisa mengetahui seberapa besar kemampuan dan keberhasilan sebuah proyek tersebut. Jika memiliki hasil yang memuaskan berarti proyek dikatakan bernilai, sehingga menjadi faktor menentukan harga penawaran jasa yang disesuaikan dengan tingkat kepuasan pelanggan sebelumnya juga.

Dengan menganalisa berarti juga akan belajar banyak hal dari proyek yang sudah dikerjakan. Ini juga menjadi penentu sebagai seorang interior designer bisa mengupgrade diri mereka jadi lebih baik, yaitu dengan melihat apa saja hal yang harus diperbaiki dari kesalahan sebelumnya dan mengembangkan cara yang lebih baik dari kesalahan tersebut.  

4. Tetapkan Harga Jasa untuk Proyek Kedepannya

Sebagai seorang interior designer adalah hal yang perlu digaris bawahi adalah rate harga jasa yang dimiliki. Ini menjadi tips jadi interior designer pemula karena rate harga menentukan seberapa profesional seorang interior designer. Pastikan agar menggunakan aplikasi perhitungan untuk menampilkan pencatatan dari jenis paket jasa desain interior yang diberikan. 

Baca Juga :   Beli Vs Sewa Rumah, Kenali 5 Keuntungan Masing-Masing

Biasanya pencatatannya meliputi perhitungan dari jasa desain yang diberikan dan juga harga yang ditetapkan dari jasa tersebut bersama dengan opsi pemilihan bahan material yang digunakan. Dengan mencantumkan rate harga secara terperinci ke klien akan memberi kemungkinkan agar klien bisa mengetahui sejauh mana jasa yang bisa dikerjakan berikut mengenai kontrol kualitas yang bisa disandang oleh para interior designer. 

5. Buat Portofolio Berisi Macam Proyek Desain

Apabila sudah pernah menangani banyak macam proyek pengerjaan desain interior, maka sekarang tips jadi interior designer pemula adalah dengan membuatkannya menjadi sebuah portofolio yang bagus dan menarik bagi keberlangsungan kedepannya. Fungsi portofolio adalah sebagai rangkapan data dari hasil proyek dari berbagai klien. Dibuat dengan lengkap mengenai gambaran desain interior yang pernah dikerjakan. 

Hal ini sendiri bisa membantu banyak interior designer untuk menarik kebanyakan klien barunya. Ini juga bisa menjadi ajang bagi banyak interior designer agar memiliki rangkap hasil pengerjaan proyek. Semakin proyek yang dihasilkan beragam juga akan semakin bagus portofolionya. Seperti halnya interior design untuk rumah dengan ruangan open space , apart house dan lainnya. 

6. Buat Website Jasa Interior Design

Merupakan salah satu faktor yang membuat interior designer dikenal oleh banyak orang adalah lewat pembuatan website jasa interior designer. Di sini seorang interior designer bisa menyisipkan banyak ketentuan seperti halnya rangkap pernah mengerjakan proyek apa saja hingga menjelaskan informasi rate card jasa yang ditentukan. 

Kelebihan lainnya dari membuat website jasa interior designer sebagai tips jadi interior designer pemula adalah beberapa fitur kelola dari klien yang ada bisa menggunakan chat bot, sehingga memudahkan mendapat klien secara otomatis. Selain itu website juga memudahkan proses screening profil seorang interior designer. Siapa saja nantinya bisa terkenal suatu waktu.  

7. Branding dan Kelola di Sosial Media

Salah satu hal yang penting untuk perkembangan bisnis adalah branding lewat sosial media. Dan ternyata itu adalah hal yang penting dilakukan. Media sosial membawa dampak besar kepada keberhasilan banyak potensi bidang pekerjaan terutama interior designer. Hal ini merupakan hal yang juga membutuhkan usaha karena sebagai interior designer yang sibuk tidak akan bisa membuat branding di sosial media. 

Baca Juga :   7 Fakta Investasi Properti DIRE Cara Pasif Bisa Berinvestasi

Namun jika jeli dalam melihat kesempatan, saat bekerja pun seorang interior designer bisa membuat sebuah konten relevan dengan dunia desain interior. Seperti memvideokan desian interior yang dimiliki sebuah perumahan yang sedang digarap. Namun memang terkadang membutuhkan team solid di bidang edit konten agar bisa menghasilkan konten secara terjadwal agar branding di media sosial bisa maksimal. Ini adalah bagian dari tips jadi interior designer pemula.   

8. Daftarkan Diri ke Himpunan Desainer Interior Indonesia

Ikut dengan sebuah komunitas adalah hal yang tidak kalah penting. Mengingat jika komunitas bisa mengayomi para anggotanya, maka ikut dengan HDII atau himpunan desainer interior Indonesia adalah suatu kepastian seorang interior designer bisa bertahan. Tips jadi interior designer pemula satu ini bisa memberikan ruang bagi seorang interior designer agar berkembang dan juga mengenal banyak profil lain dari banyak interior designer lainnya. 

Banyak hal yang bisa dilakukan di sebuah komunitas. Mulai dari menjejal kesempatan agar memperluas koneksi, menambah ilmu dari orang lain sampai dengan menjadi bagian komite komunitas tersebut. Yang pastinya memiliki banyak manfaat dari keikutsertaan ke sebuah komunitas. 

9. Buat Sertifikasi Desain Interior

Sertifikat adalah salah satu penanda bahwa seseorang itu terlihat profesional. Jadi sebagai seorang interior designer adalah hal yang krusial dalam karirnya adalah memiliki sertifikat. Sebuah sertifikat untuk desainer interior dibedakan menjadi tiga macam yaitu interior pertama, interior madya dan interior utama. 

Dari berbagai macam sertifikat tersebut, adalah hal yang perlu untuk diperoleh. Mengingat untuk bisa bersaing dengan sesama interior designer yang handal memerlukan bukti kuat berupa sertifikat. Tips jadi interior designer pemula ini perlu untuk diperhatikan dan juga dilakukan agar bisa bertahan dengan kompetitor lainnya. 

Pekerjaan sebagai seorang interior designer sekarang sungguh keras dengan derasnya arus kompetitif. Oleh karena itu dengan menjajal tips jadi interior designer pemula menjawab semua keluh kesah dan tentunya bisa menjadi pedoman agar bisa menjadi seorang interior designer yang berkualitas. 

Bagi yang sedang ingin melihat properti perumahan cluster kawasan Depok anda bisa memilih pada perumahan Taman Arcadia. Ada beberapa cluster pilihan dengan kualitas bagus ditawarkan seperti Permata Arcadia Amethyst dan Taman Arcadia Rosewell.