7 Fakta Investasi Properti DIRE Cara Pasif Bisa Berinvestasi

7-fakta-investasi-properti-dire

Fakta investasi properti DIRE- Salah satunya real estate adalah jenis properti yang bisa diperuntukkan untuk bermain saham darinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam bermain saham properti salah satunya adalah dengan cara pasif yaitu melalui online yaitu DIRE atau dana properti real estate. Termasuk juga ke dalam reksadana properti, satu-satunya lembaga DIRE di Indonesia bernama DIRE Ciptadana Ritel Properti Indonesia. 

Masih awam dengan istilah DIRE, maka ada beberapa macam informasi terkait DIRE agar bisa dimengerti. Berupa cara berinvestasinya, resiko berinvestasi, jenis instrumen investasinya, keuntungan dan kekurangan dalam berinvestasi properti lewat DIRE. Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai DIRE, simak artikel berikut ini ya.

Fakta Investasi Properti DIRE bagi Pemula yang Ingin Mencoba 

Sebelum terjun mencoba berinvestasi dengan cara DIRE, ada beberapa fakta investasi properti DIRE yang perlu untuk diketahui. Semakin mengenal investasi properti DIRE akan membuat anda mengetahui berbagai macam kulit luar dari DIRE. Berikut ini adalah ringkasan fakta mengenai DIRE:

1. Apakah Itu DIRE? 

Fakta investasi properti DIRE yang pertama adalah mengenai penjelasan DIRE. Merupakan salah satu cara melakukan investasi properti di mana ada pengumpulan dana dari pihak investor yang kemudian dipergunakan oleh perusahaan investasi sebagaimana manajer investasi akan mengelolanya untuk dijadikan saham atau obligasi berupa properti. 

Salah satunya dana pengelolaannya yang terkumpul dari investor sejumlah 80% yang masuk akan diolah sebesar 50% sebagai properti pada sebuah real estate tertentu. DIRE bisa dilakukan dengan syarat seseorang tersebut membuka rekening di perusahaan sekuritas seperti di Ciptadana Ritel Properti Indonesia, dan memulai dengan membeli pilihan produk investasi DIRE yang ditawarkan. 

Baca Juga :   8 Tips Memilih Perumahan Bebas Banjir

2. Produk Investasi DIRE

Untuk melakukan investasi DIRE seorang akan memilih produk investasi sesuai dengan perusahaan sekuritasnya. Sebagai macam fakta investasi properti DIRE produk investasi DIRE sudah ada 3 yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Solo Paragon Mall dan Hotel Padjajaran Suites milik Ciptadana Asset Management. Dan Plaza Indonesia milik Sinarmas Asset Management.

Sedangkan itu beberapa produk DIRE lainnya juga ada namun belum termasuk ke dalam BEI. Beberapa produk lainnya ketika seorang investor sedang menitipkan saham ke manajer investasi tersebut berupa Hotel, Apartemen, Gedung dan Ruko. Cara kerjanya adalah manajer investasi sebagai pengelola dananya akan menyerahkan pendanaan ke pihak bank kustodian yang akan dititipkan dana secara Kontrak Investasi Kolektif. 

3. Cara Berinvestasi DIRE 

Fakta investasi properti DIRE lainnya adalah mengenai cara berinvestasi DIRE. Ada dua pemahaman dalam berinvestasi DIRE pertama yaitu melalui investor dan kedua adalah pengelolaannya. Yang dilakukan oleh seorang investor untuk memulai berinvestasi DIRE adalah membuka rekening DIRE di sekuritas yang ada, membeli salah satu produknya dan menunggu keuntungan dari investasi secara DIRE dalam 3-5 bulan kedepannya sebesar 5-8% deviden. 

Sedangkan pengelolaannya adalah ketika saham sudah dibeli oleh investor akan diserahkan ke manajer investasi (MI) dan kemudian MI akan mengelola dengan menjadikannya berupa properti sesuai dengan ketentuan dan kebijakan dari MI. Nantinya investasi dari properti akan menghasilkan kupon obligasi, pendapatan usaha dan uang sewa yang akan dioleh lagi ke pihak investor sehingga mendapat keuntungan atau deviden dan juga capital gain bagi produk yang terdaftar dalam BEI. 

4. Resiko Berinvestasi DIRE

Ada beberapa resiko dalam berinvestasi DIRE sebagai fakta investasi properti DIRE. Ketika ingin berinvestasi properti pastinya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk proses likuid nya karena progres berinvestasi properti yang tergolong lama. Sedangkan itu faktor pembayaran sewa yang ditangguhkan dari sebuah properti menjadi resiko lainnya dari berinvestasi DIRE. 

Baca Juga :   Nilai Properti Rumah: Faktor, Cara dan Tips Menghitung

Ketika pembayaran sewa properti mengalami penundaan, maka return dari sahamnya juga akan menurun. Selain itu resiko lainnya ada pada ketika terjadi penurunan nilai properti sebuah real estate tertentu. Ini biasa terjadi pada properti berjenis gedung apartemen atau hotel yang kehilangan pendatang. Sedangkan ketika berinvestasi ke DIRE ada kemungkinan sebagai investor tidak bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan keinginan.  

5. Keuntungan Berinvestasi DIRE

Selain memiliki resiko atas berinvestasi properti secara DIRE ada juga keuntungan yang diperoleh sebagai fakta investasi properti DIRE. Berinvestasi DIRE dilakukan secara kolektif dalam arti dana yang sudah ada dikumpulkan bersama untuk sebuah properti tertentu. Hal inilah yang menyebabkan setiap kalangan masyarakat diberi kesempatan untuk bisa berinvestasi properti dengan dana kolektif. 

Ada juga keuntungan lainnya yang didapat dari berinvestasi DIRE selain berinvestasi mandiri yaitu kepraktisan dalam melakukannya karena tergolong ke dalam cara pasif yaitu melalui sekuritas online. Sedangkan itu biasanya resiko rendah dari nilai properti yang turun jika properti itu tergolong bernilai juga membuat nilai investasi cenderung naik atau stabil.

6. Tips Berinvestasi DIRE

Setelah mempelajari banyak hal dari DIRE sekarang ada fakta investasi properti DIRE lainnya yaitu mengenai tips dalam menjalankannya. Tidak ada banyak tips yang bisa dilakukan ketika investasi DIRE karena sudah tentu jenis investasinya begitu pula investornya tidak bisa memilih properti yang sesuai terkecuali jika memilih yang terdaftar di BEI. 

Jadi tips yang tepat adalah mengenai pendanaan biaya yang diperlukan ketika berinvestasi lewat DIRE. Sebelum ingin mengajukan biaya sebenarnya calon investor harus mengecek terlebih dahulu mengenai pendataan investasi reksadana perusahaan sekuritas yang diinginkan lewat Fund Fact Sheet seperti halnya untuk sekuritas Ciptadana dan lain-lainnya. 

Baca Juga :   Tips Membeli Rumah Dengan Sistem Take Over Kredit

7. Perkembangan DIRE di Indonesia  

Fakta investasi properti DIRE terakhir adalah mengenai perkembangan DIRE di Indonesia. DIRE yang ada di Indonesia berawal dari Ciptadana Asset Management yang membukanya pada Mall Solo Paragon bermula dari 1 Agustus 2013 silam. Kemudian Ciptadana kembali membuka dua cabang baru untuk produk investasi DIRE. 

Keduanya adalah DIRE Ciptadana Properti Ritel Indonesia dan DIRE Ciptadana Properti Hotel Padjajaran yang dimulai pada saat tahun 2020 silam. Perkembangan DIRE di Indonesia tidak terlalu ramai dibanding beberapa daerah di Asia Tenggara seperti halnya Singapore dan Bangkok. Namun DIRE membuka peluang besar untuk bisa berinvestasi properti skala besar. 

Dengan membahas berbagai macam fakta investasi properti DIRE membuka wawasan bagi kita semua untuk mengenal cara berinvestasi real estate khususnya di Indonesia. Pelajari beberapanya sebelum pada akhirnya mencoba berinvestasi properti dengan DIRE. 

Bagi yang sedang ingin melihat properti perumahan cluster kawasan Depok anda bisa memilih pada perumahan Taman Arcadia. Ada beberapa cluster pilihan dengan kualitas bagus ditawarkan seperti Permata Arcadia Amethyst dan Taman Arcadia Rosewell.