Simak 7 Keuntungan Membeli Rumah di Perumahan Menggunakan Sistem KPR

Keuntungan Membeli Rumah Menggunakan Sistem KPR

Keuntungan Membeli Rumah Menggunakan Sistem KPR. Membeli properti seperti rumah di perumahan tentu memiliki banyak keunggulan. Apalagi jika Anda yang memiliki keinginan mendapatkan hunian yang nyaman. KPR rumah saat ini banyak memberikan kenyamanan dan kemudahan masyarakat dalam membeli rumah. Menggunakan sistem KPR akan membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah dengan mudah. 

Berikut ini adalah 7 keuntungan jika Anda membeli rumah di perumahan menggunakan sistem KPR atau Kredit Pemilikan Rumah. 

Apa itu KPR?

KPR sendiri adalah fasilitas yang ditawarkan oleh beberapa jasa pembiayaan keuangan seperti Bank untuk membantu masyarakat dalam kepemilikan rumah. Ada dua jenis KPR yang biasa digunakan yaitu KPR Subsidi dan KPR non subsidi. 

KPR Subsidi, biasanya diberikan langsung dari program pemerintah kepada masyarakat melalui jasa pembiayaan atau Bank yang sudah ditunjuk oleh Bank. Serta penerima manfaat KPR subsidi tidak merata untuk seluruh masyarakat. 

Pemerintah memiliki syarat tersendiri dalam menyeleksi pengajuan KPR subsidi kepada masyarakat. Sedangkan, KPR non subsidi, diberikan kepada semua masyarakat sebagai penerimanya. 

Langsung saja, berikut adalah keuntungan KPR:

  • Kemudahan dalam membeli rumah dengan hanya membayar uang muka.
  • Pengadaan dana yang relatif kecil saat membeli rumah.
  • Bunga yang bisa dipilih sesuai kemampuan. 
  • Jangka waktu yang fleksibel tergantung Anda. 
  • Bunga flat dan tidak bertambah, hal ini tergantung dengan kebijakan tiap Bank. 
  • Cicilan yang bisa dinegosiasikan sesuai kemampuan Anda. 
  • Proses legalitas seperti SHM akan lebih aman dan terjamin.

Nah, itulah 7 keuntungan KPR saat membeli rumah. Untuk Anda yang memiliki keinginan untuk tinggal di perumahan. Ketahui juga apa saja keuntungan membeli rumah di perumahan berikut ini.

Baca Juga :   Mengenal Sunrise Area Properti, Kawasan Properti yang Sedang Berkembang

Keuntungan dan Kekurangan Membeli Rumah di Perumahan

Membeli rumah di perumahan bisa jadi memiliki banyak keuntungan. Anda yang memilih untuk membeli rumah pasti sudah memiliki syarat tersendiri untuk membuat tempat tinggal Anda lebih nyaman. 

Nah, bagi Anda yang sangat memperhatikan keamanan maka perumahan akan jadi pilihan tepat. Kelebihan membeli rumah di perumahan adalah memiliki keamanan yang dijaga 24 jam. 

Lalu keuntungan lainnya adalah perumahan biasanya memiliki beberapa fasilitas khusus yang ada di area perumahan itu sendiri. Contohnya seperti: area bermain anak, kolam renang, atau biasanya sasana Gym yang diperuntukan khusus untuk penghuni perumahan.

Tak hanya fasilitas dan keamanan yang diberikan saat memilih perumahan untuk dijadikan hunian. Rumah di perumahan cenderung memiliki komunitas yang cukup solid. 

Komunitas yang solid akan membantu Anda untuk lebih mudah beradaptasi di lingkungan baru. Tentunya ini akan membuat Anda bisa lebih nyaman meski baru pindah di lingkungan baru. 

Membeli rumah di perumahan juga memiliki kekurangan yaitu adanya biaya tambahan lain untuk pemeliharaan fasilitas yang harus dibayar setiap bulan. Disamping itu beberapa akses perumahan bisa lebih sulit dari jalan besar karena berada di pelosok kota. 

Dari harga juga Anda harus bisa mengetahui harga pasaran rumah yang ada di daerah yang dipilih. Memilih pengembang yang tepat juga jadi pr yang cukup sulit. Apalagi dalam masalah konstruksi bangunan. 

Selanjutnya adalah bagaimana membeli rumah di perumahan dengan menggunakan sistem KPR akan dibahas di bawah ini.

Hal Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah Menggunakan Sistem KPR

Anda sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan menggunakan sistem KPR. Sebelum itu Anda harus mengetahui hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah dengan sistem KPR.

Baca Juga :   7 Tanda Kapan Harus Renovasi Rumah, Jangan Abaikan Hal ini!

Apa saja hal yang perlu diperhatikan? 

  1. Jika membeli rumah dengan pemiliknya langsung, Anda harus memastikan jika sertifikat rumah dalam keadaan aman dan tidak sedang bermasalah. 
  2. Pastikan juga IMB yang tertera sesuai dengan bangunan yang ingin Anda beli. Jangan lupa untuk selalu mengecek IMB dengan teliti sebelum memutuskan membeli rumah. 
  3. Kalau Anda membeli rumah dengan meminta bantuan dengan pihak ketiga seperti developer, pastikan developer yang bersangkutan bisa dipercaya dan memiliki izin jelas. 
  4. Jangan mau melakukan transaksi di bawah tangan atau hanya antara penjual dan pembeli saja. 
  5. Usahakan untuk melakukan jual beli dihadapan notaris/ PPAT langsung dan buat akta jual beli resmi. 

Itu adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah dengan sistem KPR. Pastikan untuk menghindari jual beli di bawah tangan, membeli rumah atau properti bisa jadi sangat menguntungkan namun juga merugikan. 

Karena itulah jika ingin menggunakan jasa orang ketiga Anda juga harus berhati-hati. Nah, kalau Anda sedang mencari rumah dengan gaya minimalis modern dengan model apartemen house. Taman Arcadia menyediakan berbagai macam jenis rumah yang bisa Anda miliki. 

Untuk prosesnya mau dengan KPR silahkan hubungi tim marketing Taman Arcadia untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.