Beli Vs Sewa Rumah, Kenali 5 Keuntungan Masing-Masing

5-keuntungan-beli-vs-sewa-rumah

Beli vs sewa rumah- Untuk bisa memenuhi kebutuhan sarana tempat tinggal seseorang akan diberi pilihan antara membeli atau menyewa rumah. Sedangkan ada beberapa pro dan kontra dari memilih diantara keduanya. Yang merupakan kontraindikasi seseorang lebih memilih antara membeli atau menyewa. 

Pilihan untuk memenuhi sarana tempat tinggal ini bisa disederhanakan dengan mengetahui apa saja macam-macam keuntungan yang dimiliki untuk membeli atau menyewa rumah. Pastinya pilihan diantara keduanya ini memiliki berbagai macam konsepsi tersendiri dari apa sebenarnya yang ingin dilakukan ketika membutuhkan rumah sebagai tempat tinggal. 

Keuntungan Beli Rumah

Dari kebanyakan alasan pasti, membeli rumah adalah pilihan paling tepat untuk urusan jangka panjang. Ini karena dengan membeli rumah berarti anda memiliki rumah tersebut bukannya malah meminjam. Padahal kalau dilihat-lihat jumlah uang yang dikeluarkan juga hampir sama. Ada beberapa keuntungan beli rumah dari beli vs sewa rumah, yaitu: 

1. Bisa Diinvestasikan Kembali

Ketika memiliki rumah yang sudah jatuh pembayarannya secara lunas, maka tak ayal rumah tersebut sudah bisa diinvestasikan kembali. Jadi keuntungan beli vs sewa rumah dari segi membeli adalah seseorang tersebut dipastikan bisa mengolahnya menjadi bahan investasi jangka panjang yaitu dengan menyewakannya dan mendapat perolehan ROI yang memuaskan dari sewa rumah. 

Namun ada kepastian apabila jika membeli rumah sudah semestinya sebagai pemilik tertanda dari rumah tersebut harus membayar PBB nya begitu juga jika ada kerusakan dari rumah yang sepenuhnya adalah kewajiban dari pemilik rumah. Meskipun begitu membeli rumah mengajarkan kepada manusia akan pertanggung jawaban dari masalah finansial. 

Baca Juga :   Strategi Menggapai Impian: Membeli Rumah dengan Gaji Kecil

2. Kepemilikan Tunggal 

Salah satunya jika membeli rumah sendiri berarti rumah itu adalah milik si pembeli seutuhnya. Dapat dibayangkan betapa berkesannya ketika sudah memiliki rumah dengan uang dan jerih payah sendiri. Dengan memiliki rumah sendiri dapat dipastikan apabila seseorang sudah bisa merasakan secara puas bagaimana rasanya memiliki barang berharga dengan usaha sendiri, adalah salah satu kontraindikasi dari beli vs sewa rumah. 

Kepemilikan tunggal juga bisa menjadikan seseorang tersebut berhak atas apa yang dimilikinya begitu juga dengan seluruh manis dan pahitnya dari memiliki sebuah barang mewah karena begitu juga akan ada pajak yang dibayarkan ketika seseorang tersebut merasakan kemewahan. 

3. Bisa Direnovasi dan Diatur Sedemikian Rupa

Adalah salah satu perhitungan yang tidak terlalu dipikirkan yaitu mengenai bagaimana kefleksibelan dalam memiliki rumah dengan bisa merenovasi dan mengatur apapun yang diinginkan dari rumah tersebut. Tentunya merenovasi rumah hanya bisa dilakukan ketika seseorang tersebut dinyatakan membeli rumah. 

Ataupun masalah akan beli vs sewa rumah yang terjadi diantaranya ada pada kebebasan dalam kepemilikan properti sejenis rumah. Dapat dipastikan seseorang yang punya dana lebih dan menyukai merenovasi rumah agar membeli rumah saja. 

4. Efisien dalam Biaya akan Tetapi Berat di Awalnya

Jika dilihat-lihat ternyata biaya dalam membeli rumah ternyata lebih efisien karena tidak tertanggung biaya setiap bulan atau tahunnya untuk bisa memiliki tempat tinggal melainkan hanya diperbolehkan untuk membayar sesuai dengan tenor atau berapa lama masa pemenuhan kredit kepemilikan rumahnya. 

Ini adalah manis pahitnya dalam beli vs sewa rumah mengenai membeli rumah karena ternyata ketika membeli rumah manisnya adalah ketika sudah lunas namun pahitnya adalah dalam waktu jangka tertentu akan ada perketatan dalam urusan biaya pengeluaran karena proses KPR rumah yang memakan waktu lama. 

Baca Juga :   Menghijaukan Mini Garden Anda dengan Ide Tanaman Hias Kreatif

5. Aman dalam Hal Pengeluaran 

Sekali lagi dijelaskan apabila dengan membeli rumah ketika sudah lunas berarti pengeluaran juga akan aman. Yang artinya tidak usah lagi membayar biaya apapun ketika sudah lunas kecuali PBB yang ditanggung setiap periodenya. Mengenai keamanan dalam segi pengeluaran ini menjadi keuntungan beli vs sewa rumah dari sisi membeli rumah. 

Antaranya juga keuangan akan kembali stabil dalam waktu kurun tertentu diluar masa pembayaran KPR. Membeli rumah adalah pilihan yang tepat karena dengan begitu seseorang bisa memiliki secara utuh hasil dari biaya yang sudah selama ini diusahakan untuk sebuah hal tertentu, apalagi mengenai kebutuhan pemenuhan tempat tinggal.  

Keuntungan Menyewa Rumah

Selain itu ada beberapa hal lainnya yang menjadi keuntungan sewa rumah mengenai beli vs sewa rumah. Beberapa keuntungan dari sewa rumah adalah tidak ada pengetatan biaya yang harus dibayar dalam periode yang juga ketat. Namun dibalik itu semua masih ada juga beberapa keuntungan lainnya, diantaranya adalah: 

1. Tidak Harus Membayar PBB 

Mengenai membayar PBB adalah hal yang dianjurkan ketika seseorang memiliki rumah, namun tidak bagi yang hanya menyewa rumah. Meskipun begitu ini adalah keuntungan dari menyewa rumah mengenai beli vs sewa rumah. Diantaranya adalah dengan tidak membayar PBB dana bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang tak kalah penting. 

Dari beberapa keuntungan dari menyewa rumah jenis point pembahasan ini adalah point yang paling menguntungkan dari seseorang yang memilih untuk menyewa rumah. Sedangkan itu salah satu hal yang juga merupakan kebebasan dari seseorang yang tidak memiliki rumah. 

2. Cara yang Fleksibel

Selain itu kefleksibelan dalam menyewa rumah terletak pada tidak usah repot-repot untuk melakukan renovasi atau pembaruan di rumah tersebut. Hal ini adalah hal yang praktis bagi seseorang yang menyewa rumah. Mengetahui jika seseorang yang menyewa rumah tidak dianjurkan untuk merenovasi rumah tanpa mendapat izin dari pemilik rumah. 

Baca Juga :   Begini 6 Langkah Pengajuan KPR Bank, Memakan Waktu Lama

Biasanya malah pemilik rumah yang akan turun tangan bila rumah tersebut mengalami kerusakan dan butuh direnovasi. Sehingga jika si penyewa rumah ingin pergi mencari rumah baru itu masih diperbolehkan selama bukan yang merusak fasilitas tersebut. Begitulah mengenai salah satu perhitungan dari beli vs sewa rumah.  

3. Ringan di Biaya atau Pembayaran yang Tidak Ketat 

Selain itu adalah bahan pertimbangan lainnya dari beli vs sewa rumah yaitu adalah mengenai pembiayaannya. Ketika seseorang tersebut lebih memilih untuk menyewa rumah maka biaya yang dikeluarkan juga lebih ringan. Ini karena mereka tidak ketat dalam pembiayaan selama kurun periode tertentu sehingga masih merasakan kelonggaran. 

Namun ada juga kerugian dari menyewa rumah diantaranya yaitu masih harus secara konstan membayar rumah selama periode mereka menginap di sebuah rumah yang sedang disewa. Apabila sedang ingin menyewa rumah lebih baik mempertimbangkan apakah ingin membiayai secara konstan ataukah jika mampu membayar secara periode dan ketat seperti halnya membeli, maka kemungkinan itu adalah pilihan yang tepat. 

4. Bebas dari Utang Hipotek 

Salah satunya dari keuntungan dari menyewa rumah mengenai beli vs sewa rumah adalah mengenai utang hipoteknya. Karena rumah terkenal memiliki biaya KPR yang tergolong kredit, ada baiknya juga jika seseorang ingin lebih praktis untuk bisa menyewa rumah saja. Ini karena dengan menyewa berarti tidak terikat dengan bank komersial dalam pemenuhan biayanya. 

Selain itu bebas dari utang hipotek juga berarti apabila seseorang tersebut nantinya tidak bisa menebus jumlah kredit sesuai dengan waktunya. Jadi dengan menyewa rumah adalah hal yang merupakan pilihan cerdas

Setelah mempelajari mengenai beberapa keuntungan dari beli vs sewa rumah sekarang banyak yang sudah tau akan jalan mana yang akan dipilih untuk memenuhi tempat tinggal. Salah satunya pilihlah mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda. 

Bagi yang sedang ingin melihat properti perumahan cluster kawasan Depok anda bisa memilih pada perumahan Taman Arcadia. Ada beberapa cluster pilihan dengan kualitas bagus ditawarkan seperti Permata Arcadia Amethyst dan Taman Arcadia Rosewell.