Bangun Rumah atau Beli Rumah, Lebih Murah Mana? Ketahui Plus Minusnya Dulu Yuk!

Bangun rumah atau beli rumah

Bangun rumah atau beli rumah, sebenarnya lebih murah mana ya? Hal ini mungkin yang ada di benak Anda saat ingin memiliki rumah sendiri.

Mempunyai hunian yang nyaman memang menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Namun, sebelum memutuskan membeli rumah pasti Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan, yakni membangun rumah atau memilih membeli rumah jadi. 

Akan lebih murah mana ya? Bangun rumah atau beli rumah. Tenang saja, artikel ini akan membantu Anda dalam menentukan pilihan dalam memiliki sebuah rumah impian. 

Artikel ini akan mengulas tuntas tentang kelebihan dan kekurangan dalam membeli rumah atau membangun rumah yang akan membantu Anda untuk mendapatkan hunian terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Bangun Rumah Dari Awal

Sebelum menentukan pilihan untuk bangun rumah dari awal, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Apa saja kelebihan dan kekurangan bangun rumah dari awal bisa kamu ketahui berikut ini.

Kelebihan Bangun Rumah Dari Awal

Kelebihan membangun rumah pastinya akan lebih flexible dalam segi desain rumah impian Anda sebelum. Namun tak jarang akan memakan waktu dan biaya lebih banyak. 

  • Kebebasan Dalam Menentukan Desain Rumah

Kelebihan dalam membangun rumah yaitu Anda bisa dengan bebas menentukan desain rumah Anda sendiri. 

Anda bisa menggunakan jasa arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan rumah impian Anda jika memilih untuk membangun rumah dari awal.

  •  Dapat Menentukan Waktu dan Biaya Sesuai Budget 

Kemungkinan besar membangun rumah bisa menjadi mahal dan juga murah. Hal ini karena Anda bisa dengan mudah menentukan waktu dan biaya pembangunan sesuai budget yang Anda miliki. 

Baca Juga :   KPR Rumah vs Kredit Tanah, Mana yang Lebih Baik? Simak Penjelasannya Disini!

Meski, seringkali membangun rumah dikatakan lebih mahal. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika Anda pintar dalam memperhitungkan biaya, Anda bisa membangun rumah impian Anda dengan harga yang murah.

  • Dapat Memaksimalkan Lahan dengan Maksimal

Selain desain dan budget, kelebihan lain dalam membangun rumah dari awal adalah Anda dapat memaksimalkan lahan yang anda miliki. 

Misalnya, anda memiliki tanah yang tidak terlalu luas namun ingin memiliki rumah dengan space yang luas dan lega, maka hal itu bisa saja terwujud. 

  • Dapat Menentukan Struktur Bangunan Sesuai Keinginan

Maksudnya bagaimana sih dapat menentukan struktur bangunan sesuai keinginan. Contoh Anda menginginkan rumah dengan 2 lantai, tapi sayangnya budget yang Anda miliki masih belum cukup. 

Anda bisa membangun dengan struktur bangunan yang mumpuni untuk rumah 2 lantai. Semisal di kemudian hari Anda ingin membangun kembali rumah Anda menjadi 2 lantai, struktur bangunan tersebut dapat digunakan tanpa harus membangun ulang. 

Nah itulah, kelebihan dalam membangun rumah, lalu apa saja kekurangan dalam membangun rumah dari awal? Langsung saja simak berikut ini.

Kekurangan Bangun Rumah Dari Awal

Selain kelebihan tentunya bangun rumah dari awal memiliki kekurangan yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih opsi ini. 

  • Waktu yang Diperlukan Cukup Lama

Jika memilih membangun rumah dari awal, Anda perlu menyiapkan waktu yang lebih lama untuk menempati rumah impian Anda. 

Tentunya dalam membangun rumah dari awal akan memakan waktu dan Anda, karena itu Anda perlu bersabar. 

  • Tidak Praktis

Karena harus menunggu pembangunan selesai terlebih dahulu dan baru bisa ditempati. Membangun rumah dari awal tidak disarankan untuk Anda yang ingin segera memiliki rumah. 

Tidak hanya itu, membangun rumah juga memerlukan usaha lebih keras dari awal. Mulai dari menyiapkan tanah yang ingin dibangun hingga material untuk kebutuhan bangunannya.

  • Biaya Lebih Mahal
Baca Juga :   Tantangan dalam Mengatur Keuangan untuk Membeli Rumah: Panduan Lengkap

Membangun rumah dari awal bisa terbilang memakan biaya lebih mahal. Mengapa demikian? Itu karena biaya yang dikeluarkan di awal mulai dari survey tempat untuk bangunan, atau biaya lain-lain yang juga bisa membengkak. 

Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah

Selanjutnya adalah membahas kelebihan dan kekurangan dalam beli rumah jadi. Jika Anda tergolong tipe orang yang tidak ingin ribet maka opsi ini sangat cocok untuk dipertimbangkan. 

Membeli rumah jadi bisa jadi opsi untuk Anda yang ingin segera menempati hunian pribadi. Hal ini karena membeli rumah tergolong sangat praktis. 

Nah, langsung saja berikut adalah kelebihan dan kekurangan dalam membeli rumah jadi.

Kelebihan Beli Rumah Jadi

Apa saja kelebihan dalam beli rumah jadi dibanding dengan membangun rumah dari awal bisa Anda ketahui di bawah ini:

  • Lebih Praktis

Kelebihan membeli rumah jadi dinilai lebih praktis, karena Anda cukup membayar dan tinggal menempati rumah yang Anda inginkan. 

  • Harga Terjangkau

Dari segi harga beli rumah jadi tergolong terjangkau. Apalagi Anda memiliki kemampuan negosiasi yang bagus dengan pemiliknya langsung. 

Akan tetapi jangan sedih jika Anda bukanlah penegosiasi yang bagus. Cukup gunakan jasa developer yang sudah berpengalaman. 

Tidak hanya akan mendapatkan dengan harga yang terjangkau. Beberapa developer biasanya akan memberikan banyak sekali promo. Hal itu membuat harga rumah menjadi sangat terjangkau. 

Jadi, mau bangun rumah atau beli rumah jadi saja nih? Buat Anda yang ingin membeli rumah di daerah Depok dan sekitarnya, Taman Arcadia merupakan pilihan tepat.

Memiliki banyak pilihan tipe rumah, tentunya Anda akan dimanjakan dengan banyak sekali fasilitas yang didapat jika membeli rumah di Taman Arcadia. Mengusung konsep Aparthouse, hunian ini sangat cocok untuk Anda miliki. 

Baca Juga :   Mengapa Harus Membeli Rumah Sebelum Usia 40 Tahun?

Transaksi pembeliannya juga akan dibantu hingga selesai dengan tim marketing Taman Arcadia. Jadi, silahkan hubungi tim Kami untuk mendapatkan hunian impian Anda. Sampai jumpa di Artikel lainnya.