9 Macam Profesi Bisnis Properti Sebagai Peluang Kerja

9-macam-profesi-bisnis-properti

Seperti yang diketahui apabila aktivitas dunia properti seperti halnya jual, beli, sewa rumah ternyata melalui sebuah perantara bukan? Perantara yang dimaksud ini ternyata merupakan beberapa macam profesi bisnis properti yang memiliki ekspertasi dibidangnya dengan tugas yang berbeda satu sama lainnya. 

Apakah sudah familiar dengan istilah agen properti atau developer? Keduanya merupakan bagian dari bidang profesi bisnis properti yang sudah awam didengar. Ada beberapa profesi di bidang properti lainnya yang masih banyak lagi dengan tanggung jawab seputar jual, beli, sewa hingga renovasi rumah. Pada pembahasan kali ini akan dijabarkan banyak profesi bidang properti lainnya. Yuk kita ulik satu per satu. 

Banyak Macam Profesi Bisnis Properti yang Ada 

Ternyata selain profesi di bidang konstruksi ada lagi yang merupakan macam profesi bisnis properti. Mempunyai tugas yang berhubungan dengan perantara membeli-menjual properti ke masyarakat luas, profesi ini ternyata punya banyak macamnya. Apa saja sih kira-kira profesi bisnis properti yang banyak terdapat di sekitar lingkungan ini? Ini dia beberapa diantaranya: 

1. Properti Developer

Adalah macam profesi bisnis properti yang bertugas untuk menjalankan proyek pembangunan. Developer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membangun rumah dari tanah kosong yang sudah dibeli dan dijual kemudiannya. Selain menjalankan proyek pembangunan developer juga bertugas untuk mendapatkan izin membangun, mengkoordinasi pembangunan dengan kontraktor dan memenuhi persyaratan bangunan. 

Seorang properti developer ini biasanya datang dari background pendidikan arsitek atau teknik sipil. Ini karena tugas mereka sebagai penanggung jawab penuh atas sebuah proyek pembangunan. Developer yang berkualitas biasanya menjadi acuan seseorang akan memilih sebuah perumahan atau cluster yang akan dibeli.  

Baca Juga :   Menginvestasikan Diri dalam Properti: Bisakah Anak Muda Berinvestasi Property?

2. Inspektur Properti

Biasanya pekerjaan inspektur properti adalah macam profesi bisnis properti yang khusus menangani peninjauan terhadap keadaan struktural sebuah bangunan. Pekerjaan ini meliputi memastikan kondisi properti yang sudah sesuai dengan kriteria rumah layak huni. Biasanya kriterianya mencakup memastikan kondisi perkembangan kode bangunan lokal dan beberapa kelengkapan fitur bangunan yang ada. 

Seperti halnya mengetahui kelayakan dari sumber pipa, instalasi listrik, air, atap, ledeng dan banyak lainnya. Pekerjaan sebagai inspektur properti ini bisa dilakukan dengan menggabungkan pada perusahaan property developer. Yang berdampak besar kepada banyaknya pekerjaan inspeksi yang akan dilakukan dengan sistem fee bagi hasil. 

3. Agen Properti

Membahas mengenai agen properti sebagai macam profesi bisnis properti, pekerjaan sering disebut sebagai tangan ketiga dari proses jual-beli properti. Ini karena agen properti memiliki tugas untuk memberikan pilihan penawaran rumah ke pihak yang sedang mencari rumah, menegosiasikan pembelian rumah dan mencarikan rumah yang sesuai dengan kriteria si pembeli. 

Sebagai agen properti ada dua macam jenisnya yaitu agen properti perumahan dan komersial. Perbedaannya antara perumahan dan komersial adalah untuk apa agen properti itu menjualkan properti. Kalau agen properti perumahan dia hanya melakukan penawaran rumah ke masyarakat biasa, namun kalau komersial akan melakukan penawaran untuk kebutuhan investasi properti ke pihak investor. 

4. Manajer Properti

Salah satu pekerjaan lainnya dari macam profesi bisnis properti adalah manajer properti. Merupakan sebuah posisi yang bekerja juga di agen properti untuk menjalankan strategi pemasaran dan memastikan bisnis properti tetap berjalan seiring dengan bertambahnya waktu. 

Tugas seorang manajer properti ini berhubungan juga dengan administrasi bisnis umum dan melakukan penjadwalan pemeliharaan properti, menanggapi permintaan jual-beli dan juga mengurus keuangan kas dari kegiatan jual-beli-sewa sebuah properti. Bagi yang ingin bekerja sebagai manajer properti harus mempelajari mengenai pemasaran properti dan bisnis properti.

Baca Juga :   7 Penjelasan Tahap Membangun Rumah dari Tanah Kosong

5. Office Manajer Perusahaan Properti   

Pekerjaan satu ini juga biasa disebut dengan manajer kantor. Macam profesi bisnis properti seputar office manager adalah sebuah pekerjaan di bidang pengelolaan kantor agen properti. Yang biasanya bertanggung jawab untuk mengelola kantor dan menjaga dan menyediakan fasilitas kantor agar terhindar dari kerusakan. 

Biasanya pekerjaan sebagai manajer kantor juga berhubungan dengan kegiatan mentoring untuk pihak agen properti baru dengan tujuan memberikan pengenalan dan pembelajaran terhadap tugas sebagai agen properti. Manajer kantor juga biasanya mendapat fee bagi hasil dari beberapa hasil penawaran rumah kepada klien tertentu. Namun itu bukan merupakan tugas utamanya. 

6. Layanan Jasa Appraisal

Pekerjaan ini biasa disebut dengan jasa atau layanan quality control untuk urusan properti. Macam profesi bisnis properti ini bertanggung jawab untuk melakukan jasa penilaian properti sesuai dengan perkembangan trend industri properti yang ada. Tugasnya adalah meliputi mengunjungi tiap-tiap properti, menilai kualitas interior dan eksterior, mengikuti trend perkembangan pasar, menulis laporan penilaian, dan mematuhi aturan hukum setempat. 

Untuk bisa menjadi layanan jasa appraisal maka seseorang tersebut harus pintar dalam mengetahui perkembangan trend dan menganalisis properti agar lebih menguntungkan dan juga menghasilkan uang yang lebih banyak dari penjualan properti yang sudah mereka nilai sebelumnya. 

7. Investor Properti

Seperti halnya seorang investor pasti akan berhubungan dengan mendanai sebuah proyek, dan pekerjaan sebagai investor properti ini juga berkecimpung untuk memberi dana kepada proyek pembangunan. Tanggung jawab macam profesi bisnis properti ini adalah mengecek unsur demografis untuk menemukan wilayah yang tepat untuk proyek pembangunan, memberikan dana untuk membangun atau menerima dana juga berkonsultasi dengan pihak developer properti. 

Baca Juga :   Perumahan Mewah: Pengertian, Desain, dan Ciri-ciri!

Pekerjaan ini meliputi beberapa macam teknik penerapannya seperti investor komersial, fix and flip, properti sewa dan lainnya. Investor properti juga bisa dilakukan dengan mempekerjakan orang lain di bidang properti atas nama investor properti itu sendiri.

8. Flipper Properti

Adalah istilah dalam macam profesi bisnis properti yang melakukan bisnis flipping properti. Yaitu dengan membeli rumah yang over kredit, menjual dengan harga murah, merenovasi dengan hasil yang memuaskan kemudian baru dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Biasanya jenis bisnis ini tidak sering ada di Indonesia namun banyak diterapkan di Amerika. 

Bisnis ini biasanya dijalankan dengan mengandalkan agen properti sebagai perantara pihak ketiga yang bisa menawarkan rumah hasil renovasi mereka ke pihak yang mampu untuk membelinya. Flipper properti ini tidak mengandung cash flow karena bukan untuk disewa melainkan untuk dibeli ke pihak terkait. 

9. Fotografer Properti

Pekerjaan ini juga tergolong ke dalam macam profesi bisnis properti yang populer di mana seorang fotografer properti akan melakukan tugas untuk memotret kondisi interior dan eksterior dari properti saat properti itu ingin dijual kepada pihak website perantara jual-beli-sewa rumah. 

Seorang fotografer properti harus memiliki keahlian dalam memotret dengan benar kondisi properti sampai dengan mengeditnya dan juga menangani upload hasil foto ke dalam sebuah website resmi properti. Semakin banyak properti yang harus difoto mengakibatkan seorang fotografer properti ini juga harus berpindah ke satu tempat ke tempat lainnya. 

Mengetahui beberapa macam profesi bisnis properti bisa menjadi penanda bagi yang ingin berkecimpung di dunia properti. Adapun bisnis properti termasuk ke dalam bisnis yang timeless mengingat kebutuhan properti yang lebih tinggi dan dicari oleh banyak orang lainnya. Sehingga siapapun bisa juga mencoba untuk menjajal profesi di bidang properti. 

Penasaran dengan beberapa informasi lainnya seputar dunia properti atau apakah berkeinginan untuk melihat-lihat properti rumah di bilangan bogor? Yuk simak langsung pada Website Taman Arcadia dan juga beberapa pilihan cluster dengan finish memukau seperti Permata Arcadia Anggada dan masih banyak pilihan lainnya.