7 Macam Jasa Konstruksi Sebagai Peluang Ragam Profesi

7-macam-jasa-konstruksi-ragam-peluang-profesi

Macam Jasa Konstruksi-Dalam konteks usaha jasa konstruksi dibedakan menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksana dan pengawasan konstruksi. Masing-masing macam usaha jasa konstruksi termasuk ke dalam inti luarnya saja. Karena untuk mengerjakan pembangunan rumah ada jasa konstruksi lainnya yang lebih spesifik. 

Pastinya tiga macam usaha jasa konstruksi itu memiliki beberapa turunan pekerjaan yang berhubungan dengan urusan pembangunan. Misalkan saja dalam proses perencanaan, ada sebuah turunan pekerjaan yang mengurus masalah draft gambar bangunan dan masih banyak lainnya. Apa saja kira-kira jasa konstruksi lainnya yang menjadi peluang profesi menjanjikan dilihat dari turunan pekerjaan membangun sebuah pro

1. Project/Site Manager

Cabang macam jasa konstruksi dengan income menarik adalah project/site manager. Pekerjaannya antara lain adalah mengetuai proses dari pembangunan sebuah rumah atau properti lainnya. Diantaranya project manager adalah orang yang akan mengarahkan konstruksi bangunan dengan memimpin jalannya proyek. 

Berbeda dengan site manager yang adalah asisten dari project manager. Pekerjaannya adalah tugas dari project manager yang pada dasarnya site manager ini selalu berada di lokasi pembangunan untuk melakukan kontrol terhadap kinerja tenaga borongan. Kedua posisi profesi ini memiliki upah yang tinggi dalam satu kali proyek pembangunan. Kisaran harga berbeda ditentukan lewat besar-kecilnya sebuah proyek. 

2. Drafter Bangunan

Sebelum membangun rumah atau properti lainnya pasti akan membutuhkan sebuah blueprint dari bangunan tersebut untuk diserahkan ke tukang. Berikut adalah definisi pekerjaan macam jasa konstruksi, drafter bangunan. Pekerjaan yang dilakukan drafter adalah untuk membuat denah dari perancangan tata letak ruangan dalam sebuah properti seperti halnya rumah. 

Baca Juga :   Mengenai Usia yang Tepat dalam Membeli Rumah

Adalah profesi pekerjaan di bidang arsitektur yang juga berpeluang mendatangkan income tinggi jika seorang drafter bekerja pada sebuah perusahaan konsultan perencana. Hal ini karena seorang drafter bisa mengerjakan banyak projek menggambar sekaligus lewat pesanan yang datang di naungan perusahaan sehingga akan banjir pekerjaan. 

3. 3D Modelling

Salah satu macam jasa konstruksi yang juga sedang trending adalah 3D modelling. Sebagai seorang 3D modelling akan diperlukan keahlian khusus pada software perancangan gambar 3D seperti halnya autocad, lumion, sketchup atau adobe photoshop. Jenis pekerjaan ini tergolong selalu dibutuhkan oleh banyak proyek properti skala kecil sampai besar. 

Seperti halnya proyek pengerjaan perumahan real estate dan kantor untuk pengerjaan skala besar maupun skala kecil seperti halnya instalasi booth atau toko, rumah biasa dan lainnya. Jasa 3D modelling ini bisa ditawarkan lewat beberapa pasar pekerja lepas maupun membuat laman jasa ini untuk promosi dari beberapa portfolio agar mendapatkan proyek besar. 

4. Interior Desainer

Kebutuhan desain dari tata letak ruangan seperti interior juga adalah macam jasa konstruksi yang paling berada. Sebagai seorang desain interior difokuskan menangani desain secara menyeluruh seperti halnya sedang mendekor rumah secara spesifik. Mulai dari pemakaian cat tembok, lantai rumah dan perlengkapan kecil seperti jenis rangka jendela, pintu rumah, ornamen pelengkap dan masih banyak lainnya. 

Mengenai jasa ini biasa ditemukan pada beberapa perusahaan desain interior yang mencari seorang desainer. Biasanya dicari yang mengerti akan perkembangan dan perubahan dunia interior desain dan juga bersertifikat di bidang ini. Caranya untuk bisa diterima sebagai desainer pada sebuah perusahaan desain interior adalah dengan menguasai dunia arsitektur. 

5. Instalasi Elektrikal

Dengan adanya kebutuhan pemasangan listrik pada sebuah pembangunan rumah bisa dilakukan oleh seorang instalasi listrik. Macam jasa konstruksi lainnya adalah pekerjaan instalasi elektrikal. Pekerjaan ini membutuhkan seorang ahli karena setiap kontraktor bangunan ada yang tidak paham dengan cara pemasangan listrik rumah. 

Baca Juga :   9 Tips Jadi Interior Designer Pemula Agar Bisa Bersaing

Pekerjaan ini membutuhkan sebuah kualifikasi yang hanya dimiliki oleh ahli elektrikal. Biasanya upah dari pekerjaan seorang ahli elektrikal ini tergantung dari besarnya bangunan dari proyek yang dikerjakan begitu juga dengan banyaknya proyek yang ada. Karena pekerjaan ini tidak umum oleh karenanya ahli elektrikal perlu terkoneksi dengan banyak kontraktor. 

6. Tukang Kayu

Banyak yang menyepelekan pekerjaan sebagai tukang kayu, namun macam jasa kontruksi ini banyak berkontribusi terhadap kebutuhan peranti dari kayu seperti halnya kebutuhan meja makan, pembuatan meja atau lemari dan pembuatan furniture modern lainnya. Pekerjaan ini biasa laku sesuai dengan permintaan pasar terhadap kebutuhan peranti kayu. 

Sebagai tukang kayu tidak harus memiliki pendidikan tinggi namun cukup terampil dan juga mau belajar hal baru. Biasanya hasil dari setiap macam garapan furniture yang sudah selesai bisa dipasarkan ke banyak pasar penjual furniture. Apalagi jika nama perusahaan tukang kayu itu terkenal berkualitas dan punya branding, akan mudah laku di pasaran.   

7. Tukang Lanskap

Salah satu dari macam jasa konstruksi yang menangani urusan pertamanan dan juga tata letak eksterior adalah tugas dari tukang lanskap. Biasanya tukang lanskap ini bekerja menyelaraskan tampilan desain eksterior seperti menata taman dan menambahkan sentuhan modern pada desain luar ruangan.

Sekarang tukang lanskap ada menawarkan jasanya pada banyak social media sebagai penata tata letak fungsi kebun di luar ruangan. Ada banyak client yang suka memakai jasa tersebut dan juga cukup terkenal. Seperti penataan kebun untuk perumahan kelas atas, restaurant, taman kota, fasilitas publik dan lain-lainnya.

Ternyata dunia kontraktor juga mendatangkan adanya peluang profesi yang punya kontinuitas apik. Macam jasa konstruksi ini menawarkan berbagai pilihan yang masing-masing punya tugas khusus dari setiapnya. Bagaimana? Tertarik dengan menjadi salah satunya atau beralih menjalankan bisnis di dunia arsitektur?

Baca Juga :   7 Tanda Kapan Harus Renovasi Rumah, Jangan Abaikan Hal ini!

Sedang mencari hunian townhouse di daerah Depok? Yuk lihat beberapa penawaran yang ada pada Website Taman Arcadia, jangan lupa berkunjung ya.