8 Cara Investasi Dana untuk Properti Rumah bagi Pemula

8-cara-investasi-dana-untuk-properti

Investasi dana untuk properti- Sebagai kaum yang sudah berpenghasilan dan mendekati usia 21 tahun, adalah waktu yang tepat untuk memulai menyisihkan dana untuk keperluan properti rumah. Beberapa kaum millennial belum bisa menjawab tantangan untuk memiliki rumah impian karena beberapa pengeluaran yang dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. 

Padahal properti rumah menandakan kunci keberhasilan seorang kaum millennial terhindar dari jerat kebergantungan. Sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan oleh seorang kaum millennial bisa membeli rumah salah satunya adalah memulai menjadikan rumah sebagai sebuah investasi untuk kebutuhan kedepannya. Begini ringkasan dari cara pemula bisa menginvestasikan dana untuk membeli properti rumah.

1. Kelola Pengeluaran dengan Skema

Salah satu keberhasilan seorang kamu millennial bisa membeli rumah adalah dengan kelola pengeluaran melalui skema. Cara yang biasa dilakukan adalah sisihkan dana 10-30% dari jumlah pendapatan untuk dana alokasi beli rumah. Bagi kaum millennial yang sudah berpenghasilan konstan lebih baik mengalokasikan sejumlah persentase yang ditentukan untuk keperluan membeli rumah. 

Investasi dana untuk properti memang tergolong tidak mudah apabila seseorang tidak mengetahui apa perbedaan kebutuhan dan keinginan. Sudah seharusnya untuk belajar memenuhi kebutuhan pokok daripada menuruti keinginan semata. Dengan begitu akan mudah menghindari kemungkinan loss budget untuk pemenuhan dana masa depan. 

2. Prioritaskan Beli Rumah

Tidak akan ada yang akan membeli rumah jika tidak berawal dari niat dan keinginan kuat. Sebagai seorang kaum millennial prioritas membeli rumah adalah yang pertama. Jika sudah sedari awalnya memprioritaskan membeli rumah, tidak akan mudah tergiur dengan pengeluaran yang tidak perlu. Lalu bagaimana sikap yang patut untuk diterapkan untuk memprioritaskan beli rumah? 

Baca Juga :   Desain Rumah Jepang, 8 Ide Kreatif untuk Hunian yang Harmonis

Salah satunya adalah dengan menabung. Investasi dana untuk properti sejenis rumah akan lebih mudah apabila punya inisiatif untuk memeriksa harga rumah sedari awalnya dan menentukan cara untuk mengumpulkan uang sejak dini. Selain itu mengolah pendapatan dengan cara tertentu agar menambah jumlah pendapatan tetap bisa dilakukan hanya untuk memprioritaskan rumah. 

3. Tentukan Rumah yang Diinginkan

Apabila pendanaan sudah matang, hal yang bisa dilakukan untuk investasi dana untuk properti adalah dengan menentukan rumah mana yang diinginkan. Memilih mana perumahan yang dimau membantu kaum millennial agar bisa mengecek harga sesuai dengan ketentuannya. Seperti berapa suku bunga dalam pemenuhan KPR, berapa DP yang diperlukan untuk dibayar, berapa lama tenor untuk melunasi KPR dan masih banyak informasi lainnya. 

Sebuah sumber menyebutkan apabila kenaikan harga rumah bisa naik 10% dari harga awal pada tahun berikutnya. Oleh karenanya apabila sudah menentukan rumah yang diinginkan beserta dengan pendanaan yang matang alangkah baiknya apabila langsung saja mengecek tim agen properti. Ini bisa menjadi selangkah lebih dekat untuk bisa membeli rumah tanpa banyak pertimbangan. Namun lebih baik untuk melakukan survey perumahan potensial juga. 

4. Cari Agen Properti yang Sesuai

Fungsi dari agen properti adalah menjembatani antara potensi pembeli rumah dengan pihak perumahan. Tentunya agen properti akan berguna untuk proses jual-beli rumah karena tugasnya yang sepadan dengan penawaran properti dengan informasi akurat. Lewat agen properti seorang yang ingin membeli rumah bisa mendapatkan banyak informasi relevan dengan kondisi properti sampai dengan aturan transaksi yang disepakati bersama. 

Cara investasi dana untuk properti seperti rumah dengan cara ini pastinya akan dilakukan oleh semua yang sedang berproses membeli rumah. Agen properti juga bertugas memberikan pelayanan untuk proses menentukan jenis KPR mana yang akan digunakan untuk pendanaan beli rumah. Selain itu biasanya merekalah yang menentukan penawaran terbaik untuk rumah yang akan dibeli. 

Baca Juga :   9 Macam Investasi Properti Paling Menguntungkan Bagi Pemula

5. Ikut Program dari Bank

Bank komersial biasanya menawarkan KPR. Ada beberapa bank yang menentukan program KPR untuk para nasabahnya. Jadi, sebagai pengguna bank sudah semestinya untuk mengontak pihak bank mengenai program KPR yang diadakan. Dengan menjadi salah satu nasabah loyal dari sebuah bank, biasanya akan lebih diprioritaskan untuk mendapat fasilitas yang sesuai. 

Ikut program KPR dari bank lebih awal merupakan investasi dana untuk properti rumah paling tepat. Ada beberapa bank yang menawarkan program loyalitas untuk para nasabahnya bisa program KPR. Salah satunya adalah Mandiri House Ownership Program yang merupakan besutan bank Mandiri Tbk, mempermudah para nasabahnya atau karyawan bisa mengikutkan ke program KPR melalui mitra developer maupun non developer.

6. Kumpulkan Dana dari Investasi Emas dan Reksadana

Cara lainnya yang dilakukan untuk investasi dana untuk properti rumah adalah dengan mengumpulkan dana dari instrumen investasi lainnya. Dalam sebuah sumber menjelaskan jika investasi saham emas bisa membantu mengcover dana untuk membeli rumah, karena investasi emas jarak mengalami fluktuasi nilai bahkan nilainya bisa melonjak sehingga cocok untuk investasi jangka panjang untuk membayar uang muka rumah. 

Selain itu berinvestasi lewat reksadana bisa juga dilakukan ketika seorang millennial sudah berinvestasi selama kurun waktu yang lama juga melalui jenis investasi reksadana yang paling banyak mendatangkan return tinggi. Seperti halnya reksadana saham atau reksadana campuran. Meskipun begitu pilih instrumen reksadana online yang berkualitas diperlukan, seperti halnya pada reksadana jenis terbuka dengan manajer investasi yang ada banyak. 

7. Kelola Side Income

Dengan mengelola side income selain kamu millennial punya pendapatan tetap, juga ada penghasilan lainnya yang bertambah secara pasif atau penghasilan yang bertambah selain penghasilan bulanan. Side income seperti halnya ini bisa didapatkan dari menulis blog, berjualan online, affiliate income dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga :   8 Tips Promosi Properti Apartemen bagi Agen Agar Laku

Investasi dana untuk properti dengan side income memang membantu pemasukan walaupun tidak tetap namun masih bisa mengcover untuk mengeluarkan dana darurat yang dibutuhkan dalam urusan membeli properti. Seperti halnya pengeluaran untuk uang muka sampai dengan biaya untuk pengurusan KPR. 

8. Cari Pekerjaan dengan Program Loyalitas Berhadiah Rumah

Selain itu cara lainnya yang bisa dilakukan untuk investasi dana untuk properti adalah dengan ikut dengan program loyalitas berhadiah rumah. Ada beberapa perusahaan seperti halnya MLM yang bisa meraup keuntungan untuk membernya berupa program loyalitas rumah. Seperti halnya oriflame atau lainnya. 

Namun ada juga program mendapat rumah jika kamu millennial bisa bekerja di perusahaan agen properti atau developer properti. Karena biasanya pekerjaan ini juga memberikan allowance ke banyak karyawannya berupa program loyalitas berupa rumah. Hal ini bisa sangat membantu banyak kamu millennial dalam mempunyai rumah secara gratis.

Berikut adalah beberapa cara mengenai investasi dana untuk properti yang bisa dilakukan kaum millennial agar bisa membeli rumah secara tepat. Dengan mengikuti beberapa langkah yang ada di atas setidaknya merupakan cara untuk bisa membeli rumah. Jangan lupa untuk melakukan beberapa langkah yang ada dan juga menabung sedari awalnya.  

Bagi yang sedang ingin melihat properti perumahan cluster kawasan Depok anda bisa memilih pada perumahan Taman Arcadia. Ada beberapa cluster pilihan dengan kualitas bagus ditawarkan seperti Permata Arcadia Amethyst dan Taman Arcadia Rosewell.