9 Macam Investasi Properti Paling Menguntungkan Bagi Pemula

9-macam-investasi-properti-paling-menguntungkan

Investasi properti paling menguntungkan-Membahas mengenai properti adalah aset yang tidak pernah lekang oleh waktu. Keberadaan dari properti selalu dicari bahkan menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat. Dengan keadaan properti yang menguntungkan dari segi komersialnya ini menjadikan banyak masyarakat yang berinvestasi padanya. 

Perlu diketahui jika properti memiliki banyak jenisnya. Dari beberapa macam jenis properti keuntungannya disesuaikan dengan tingkatan market demand. Jika ingin berinvestasi properti paling menguntungkan maka tentukan dulu jenisnya yang disesuaikan oleh ranah kebutuhan. Coba cek dulu jenis-jenisnya supaya investasi aman dan pastinya cuan. 

Baca juga: 9 Tips Investasi Properti Tanpa Modal Besar 

1. Area Pertokoan (Rumah Toko)

Jenis bisnis UMKM sekarang sedang membludak. Biasanya bisnis seperti ini adalah satu dari banyak contoh yang memerlukan tempat untuk menjual produk atau layanan bisnis mereka. Hal ini mengakibatkan permintaan investasi properti paling menguntungkan jenis ruko menjadi sumber instrument properti yang laku keras. 

Tips memilih properti ruko sebagai sumber investasi adalah tentukan area ruko yang ramai dan punya potensi sebagai aset investasi karena wilayahnya strategis. Pemilihan developer sebagai perantara beli ruko juga penting. Oleh karenanya, pilihlah developer yang punya portfolio meyakinkan dan terbukti sudah tenar. 

2. Apartemen

Salah satu instrumen investasi properti paling menguntungkan adalah apartemen. Dari sekian kebutuhan akan pemenuhan tempat tinggal, apartemen sering menjadi pilihan karena harganya jauh lebih murah dari rumah. Oleh karenanya dengan memiliki beberapa unit apartemen dengan lokasi strategis dan ramai penghuni adalah pilihan tepat. 

Baca Juga :   7 Tanda Kapan Harus Renovasi Rumah, Jangan Abaikan Hal ini!

Sekarang banyak sekali cara untuk memiliki apartemen dengan KPA yang membantu. Selain itu apartemen yang bagus untuk dijadikan investasi properti adalah yang punya akte jual-beli yang lengkap dari developer utamanya. Apabila mau membeli apartemen dari tangan kedua, ada baiknya memperhatikan mengenai akte jual-belinya.  

3. Kost-Kostan

Jika ada budget dalam jumlah yang melimpah pilihan membangun kost-kostan adalah hal yang perlu untuk investasi properti paling menguntungkan. Kost-kostan terbukti sudah high demand apalagi untuk kawasan kota pendidikan dengan jumlah universitas bergengsi yang juga menjamur. 

Apabila memilih kost-kostan dengan lokasi yang strategis, bisa menjual dengan harga yang diatas dari rata-rata harga. Cukup menguntungkan jika berinvestasi pada properti kost-kostan, karena pergerakan ROI (return of investment) nya akan sangat signifikan bahkan bisa dijual dengan harga yang meningkat dari tahun ke tahun karena perubahan nilai mata uang. 

4. Townhouse

Biasa disebut dengan perumahan cluster, townhouse juga bisa dijadikan sumber investasi properti paling menguntungkan. Perumahan cluster atau townhouse gencar dicari oleh pihak pasangan suami-istri baru dan tentunya keberadaan minatnya akan selalu konstan. Menilik tips cara memiliki properti townhouse adalah ciri dari lokasinya. Cobalah dengan mencari rumah di daerah depok dengan pilihan cluster amethyst

Ada beberapa daerah kota rural yang memiliki townhouse dekat dengan inti Kota seperti wilayah Jabodetabek, oleh karenanya banyak yang mengincar investasi townhouse di sini karena cocok untuk para pegawai kantoran yang baru saja menikah. Selain itu kota mandiri juga memiliki dampak besar terhadap peminatan townhouse akibat fungsi desentralisasinya. 

5. Rumah 

Berbeda dari townhouse, rumah adalah pilihan investasi properti paling menguntungkan. Rumah dapat diperjual-belikan pada sebuah laman yang fokus dengan properti bekas. Ada banyak sekali website yang menyediakan jasa titip online jual-beli rumah bekas. Pastinya harganya juga bervariasi sesuai dengan range kelayakan huninya, lokasi hingga luas tanah. 

Baca Juga :   10 Trik Bernegosiasi Beli Rumah agar Harga Terjangkau

Diketahui jika jual-beli rumah juga bukan hal yang rumit dalam kepengurusannya. Hal ini karena kita pasti membelinya dari tangan pertama yang punya rumah tersebut dan pastinya syarat dokumen surat-menyuratnya juga tidak lagi dipersulitkan kecuali jika ingin mengurus surat pindah rumah ke pemerintah setempat.

Baca juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah? 

6. Tempat Rekreasi  

Membicarakan tempat rekreasi umum, biasanya ada sebuah wilayah strategis berupa properti tanah yang bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi. Tidak tanggung-tanggung dengan modalnya yang cukup mahal, namun apabila bisa dimaksimalkan dengan cermat maka bisa balik modal bahkan juga membuka peluang besar mendirikan branding perusahaan dan lapangan pekerjaan. 

Ada banyak tempat rekreasi yang sekarangnya sukses besar seperti ritel tempat rekreasi Cimory Dairy Land yang memanfaatkan tema peternakan yang dikembangkan dengan maksimal konsepnya. Atau juga beberapa lokasi tempat hangout kekinian cukup bergengsi dilihat seperti beberapa beach club di Bali yang  secara kebetulan punya nilai jual tinggi. 

 

7. Co-Working Space 

Melihat trend pekerjaan WFA yang juga tinggi membuat ada peluang besar terhadap investasi properti paling menguntungkan sekelas tempat Co-working space. Adalah pilihan yang cukup riskan karena properti ini tidak langsung menghasilkan laba akhir secara utuh. Karena biaya laba didapat dari seberapa ramainya peminat yang sudah menjadi member dari tempat ini. 

Cara untuk bisa memasarkan co-working space adalah hal yang genting urusannya. Pasalnya dengan memasarkan secara tepat ada kemungkinan co-working space dijadikan ladang bisnis yang cuan. Sebagai pemilik dan pendiri co-working space akan memiliki kekuasaan penuh atas cara pemasaran yang beragam. Seperti offering, event placement, members dan lainnya.  

8. Fasilitas Publik 

Apabila sudah investasi pada sebuah tempat umum, ada sebuah peluang besar bisa menjadikannya sebagai fasilitas publik. Investasi properti paling menguntungkan adalah dari punya ruang di tempat umum seperti bekas rukan, sebuah lot luas di sebuah wilayah pertokoan atau junction ini bagus untuk dijadikan fasilitas publik. 

Baca Juga :   Mengenal Lebih Jelas 4 KPR Non-Subsidi Bank Komersial

Sebagai contohnya adalah gymnasium, area khusus pengobatan, tempat cuci mobil, sekolah umum atau swasta dan masih banyak lainnya. Memanfaatkan investasi ruang untuk fasilitas publik juga sama-sama hal yang riskan tapi putaran modalnya sendiri tergolong besar dan nilainya akan berkontinu serta menyesuaikan dengan era yang berubah.   

9. Hostel, Villa, Guest House

Apabila dipikir-pikir jenis investasi properti paling menguntungkan pada tiga instrumen ini juga cukup mengundang laba yang menggiurkan. Pasalnya hostel, villa dan guest house yang cukup tenar dan berkualitas bisa dipromosikan langsung pada agen travel online yang cukup viral dan trending di era zaman saat ini. 

Sehingga pasti akan balik modal cepat. Mengingat trend travelling sedang hype untuk akhir-akhir ini. Banyak tour dari kelas keluarga, urusan dinas pekerjaan sampai dengan liburan semua pastinya membutuhkan antara hostel, villa ataupun guest house. Jadi berinvestasi dengan pilihan point ini adalah hal yang tepat. 

Mengenai beragam dari investasi properti paling menguntungkan akan kembali lagi kepada para pelakunya. Banyak yang sudah melakukan kegiatan ini dan pastinya ada naik-turunnya juga selain mendapat keuntungan. Namun ternyata pilihan investasi jenis properti adalah hal yang paling lumrah bagi banyak kalangan. 

Jangan lupa kunjungi Website Taman Arcadia untuk mengetahui informasi seputar dunia properti terbaru.