Mengulik Perbandingan Beli Rumah Vs Apartemen, Mau Pilih Mana

perbandingan-beli-rumah-vs-apartemen

Perbandingan beli rumah vs apartemen- Ada beberapa pro dan kontra dari memilih untuk membeli rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal. Masing-masing diantara keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan untuk segi nilai asetnya begitupun dari banyak sisi lainnya. Dilema seseorang pada awal pengalaman untuk membeli properti tempat tinggal inilah membuat rumah dan apartemen jadi bahan pertimbangan. 

Kedua macam properti tempat tinggal ini saling bersaing untuk bisa dibeli oleh banyak pendatang baru. Namun, untuk para pendatang yang baru akan membeli keduanya pasti akan memperhatikan seberapa besar nilai guna yang ada dari beberapa faktor. Dalam pembahasan kali ini akan mengulik banyak hal mengenai rumah vs apartemen yang diperuntukkan bagi yang ingin memilih diantara keduanya. 

Membeli Rumah Sebagai Properti

Tidak diragukan apabila membeli rumah adalah pilihan utama seseorang pada properti tempat tinggal. Ada banyak hal menyangkut pro dan kontra dari membeli properti rumah. Namun perbandingan beli rumah vs apartemen memberikan kejelasan dari setiap sisi penilaian rumah sebagai properti. Berikut adalah pro dan kontra membeli rumah untuk tempat tinggal. 

Baca Juga :   Bagaimana Persyaratan Pengajuan KPR 2023?

Pro Membeli Rumah

1. Space Lebih Besar dan Fleksibel 

Karena merupakan properti jenis landed, maka rumah punya space yang lebih besar dan beragam daripada apartemen. Perbandingan beli rumah vs apartemen ini memungkinkan sebagian besar memilih rumah karena sifatnya fleksibel atau mudah untuk dikostumisasi, dirombak dan juga direnovasi. Salah satu pilihan beli properti rumah di daerah Bogor yaitu Permata Arcadia cluster amethyst ini cocok karena punya space yang menjangkau.  

2. Kehidupan Sosialisasi yang Lebih Luas

Punya properti rumah juga memungkinkan pemiliknya bisa melakukan proses sosialisasi yang lebih luas. Seperti halnya dengan pengadaan ketua RT/RW, posyandu, atau remaja masjid yang juga menumbuhkan kesadaran sosialisasi. Perbandingan beli rumah vs apartemen dari segi kehidupan sosial menjadi perbedaan yang kentara dari kedua properti ini. 

3. Umurnya Lebih Panjang dan Awet

Keutamaan dari punya properti rumah adalah karena usianya yang tergolong panjang. Pada penggunaan ruang fungsi antara perbandingan rumah dan apartemen misalnya. Rumah tergolong awet pada alokasi ruang kamar mandi atau dapur, berbeda dari apartemen yang rentan terhadap keawetannya. Selain itu rumah juga mudah untuk direnovasi jika ada kerusakan tertentu. Itulah salah satu perbandingan beli rumah vs apartemen. 

4. Mudah untuk Dijual Kembali

Peminatan aktivitas jual-beli properti juga termasuk tinggi. Hal ini karena properti ini lebih banyak mendatangkan potensi investasi jangka panjang dan apabila ada kenaikan harga, bisa naik dengan melejit. Berbeda dengan apartemen yang punya nilai aset yang terkadang susah untuk naik harganya meskipun minat jual-belinya juga tergolong menengah. Keadaan investasi kedua properti ini menjadi perbandingan beli rumah vs apartemen secara jelas. 

Kontra Membeli Rumah 

1. Harganya yang Lebih Mahal 

Rumah sendiri adalah properti yang solid, oleh karenanya harganya juga lebih tinggi daripada apartemen. Perbandingan beli rumah vs apartemen untuk urusan harga menjadi konsernitas yang penting untuk menentukan apakah seseorang lebih memilih diantara kedua properti ini. Namun tak ayal ada faktor lainnya yang menentukan daya beli terhadap rumah ataupun apartemen. 

Baca Juga :   10 Tips Cara Memilih Lokasi Rumah yang Strategis

2. Lokasi Tidak Dekat Pusat Kota

Biasanya lokasi sebuah perumahan ada pada daerah yang sentralisasinya jauh dari pusat kota. Hal ini karena properti rumah membutuhkan tanah yang luas untuk pengalokasiannya, berbeda dengan apartemen yang membutuhkan tanah tidak seluas rumah dengan fungsi bangunan bertingkat. Perbandingan beli rumah vs apartemen mengenai lokasi adalah hal yang krusial bagi pengeluaran transportasi sehari-harinya.  

Membeli Apartemen Sebagai Properti 

Mengetahui mengenai pro dan kontra dari rumah, sekarang gantian mengulik apartemen sebagai bahan perbandingan beli rumah vs apartemen. Apartemen terkenal juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang rentan menjadi bahan pertimbangan untuk bisa membelinya. Kira-kira begini point mengenai pro dan kontranya: 

Pro Membeli Apartemen 

1. Harganya Lebih Murah 

Daripada rumah, harga properti apartemen tergolong murah karena denah ruangan properti yang tidak terlalu besar. Biasanya untuk harga apartemen juga akan ditentukan dari letak posisi apartemen ini. Ada juga apartemen kelas atas yang harganya juga mewakili kualitasnya. Perbandingan beli rumah vs apartemen akan harga adalah sebuah penanda yang jelas. 

2. Nilai Kepraktisan dari Pengurusannya

Apartemen sering dibeli karena nilainya yang praktis tidak seperti rumah yang terlalu ribet untuk pengurusannya. Apartemen tergolong ke dalam properti siap huni yang biasanya sudah dilengkapi dengan perabotan berbeda dari rumah yang masih harus mengisi perabotan. Namun banyak juga pemikiran dangkal dari seseorang jika apartemen lebih praktis untuk perbandingan beli rumah vs apartemen. 

3. Biasa Dekat dengan Pusat Kota

Dari pengamatan banyak yang mengetahui kalau letak apartemen pastinya dekat dengan pusat kota atau daerah manifestasi lainnya. Nyatanya memang benar dan apartemen cocok untuk dipergunakan bagi para pekerja karir mapan yang ingin tinggal di pusat kota dekat dengan daerah perkantorannya. Lokasi ini juga menjadi bahan pertimbangan beli rumah vs apartemen.  

Baca Juga :   Tips Membeli Rumah Dengan Sistem Take Over Kredit

4. Fasilitas All in One

Untuk fasilitas yang dimiliki apartemen itu juga tergolong lengkap atau all in one. Pada apartemen memungkinkan ada fasilitas seperti minimarket, laundry, dokter praktek, perukoan, sampai dengan daycare. Dari beberapa fasilitas all in one itu menjadikan properti jenis ini lebih efisien terhadap perbandingan beli rumah vs apartemen.  

Kontra Membeli Apartemen 

1. Tidak Fleksibel dan Space Kecil 

Salah satu kekurangan dari apartemen adalah terkadang susah untuk bisa dirombak atau direnovasi karena prosesnya bisa mengganggu tetangga dari apartemen lainnya. Apartemen terkadang memberikan pilihan luas ruangan tertentu. Namun adakalanya apartemen banyak yang sejenis one size space di mana setiap satu unit dengan unit lainnya luasnya sama. Perbandingan beli rumah vs apartemen untuk urusan ukuran dan fleksibilitas menjadi hal yang umum. 

2. Umurnya yang Rentan dan Kurang Awet  

Properti jenis apartemen adalah salah satu properti yang tidak terlalu awet. Ini biasa terjadi pada apartemen yang luasnya kecil dan bukan dari developer yang berkualitas. Oleh karena itu banyak orang mengurungi membeli apartemen karena urusan awet tidaknya bangunan yang ditempati. Ini adalah salah satu perbandingan beli rumah vs apartemen yang juga menjadi bahan pertimbangan.   

Dari pilihan antara kedua properti tempat tinggal sering membuat kebingungan para pembelinya. Oleh karena itu perbandingan beli rumah vs apartemen ini bisa membantu karena ada pro dan kontra yang membuat yakin mana pilihan yang diinginkan. 

Mau mengetahui berbagai informasi lainnya seputar properti atau sedang ingin melihat-lihat properti rumah pada daerah Depok? Yuk mampir ke Website Taman Arcadia untuk informasi lebih lengkapnya.