Pahami Keuntungan dan Tips Membeli Rumah Siap Huni

keuntungan-dan-tips-membeli-rumah-siap-huni

Membeli rumah siap huni- Dalam pemilihan awal seseorang sedang mencari rumah ada salah satu pilihan untuk membeli rumah yang sudah siap huni. Keputusan dalam membeli rumah yang siap huni tergolong dalam hal cermat. Ada banyak pertimbangan seseorang memutuskan untuk membeli rumah siap huni daripada membeli rumah bekas sampai dengan membangun rumah dari tanah kosong dari segi keefektifan manfaatnya. 

Hal ini karena rumah siap huni banyak terdapat nilai manfaat yang diperoleh dari salah satu keuntungan utamanya yang adalah sudah layak huni dan tidak membutuhkan banyak tenaga untuk melakukan pembaruan di rumah tersebut. Beginilah rangkuman mengenai rumah siap huni mengenai keuntungan memilikinya serta beberapa tips untuk membelinya. 

Keuntungan Membeli Rumah Siap Huni

Terkenal merupakan salah satu properti yang anti-usaha dalam proses pemilikan rumah jika sudah memiliki dana, ada banyak hal keuntungan diperoleh dari seseorang yang membeli rumah siap huni. Keberadaan jenis properti seperti rumah siap huni ini menandakan setiap pemiliknya merasa dimanja dengan fasilitasnya. Kira-kira ini adalah keuntungannya: 

1. Punya Fasilitas Lengkap untuk Langsung Dihuni

Memilih properti siap huni berarti sudah tidak lagi memikirkan urusan bangun-membangun layaknya rumah indent. Fasilitas yang ditawarkan ketika membeli rumah siap huni yaitu memiliki desain rumah eksterior dan beberapa juga desain interior yang sudah ada. Sehingga bisa langsung ditempati.

Ingin melihat salah satu contoh rumah siap huni berlokasi di Depok pada Perumahan bernama Taman Arcadia? Ada beberapa cluster yang bisa dihuni seperti cluster rosewell taman arcadia. Merupakan tipe rumah yang fungsional dan juga modern. 

Baca Juga :   Segudang Manfaat Taman Kreasi Anak di Kawasan Rumahan

Berbeda dengan rumah milik developer yang masih tahap membangun akan ada jangka waktu untuk bisa langsung ditempati. Namun ada kemungkinan juga bagi rumah siap huni ini memiliki kerentanan terhadap umur fasilitas yang ada. 

2. Biasanya Berlokasi di Daerah Strategis

Hal umum ditemukan ketika membeli rumah siap huni adalah letak lokasinya yang strategis. Ini juga merupakan strategi pemasaran oleh banyak developer untuk menentukan lokasi perumahan siap huni ada di daerah dekat fasilitas publik. Seperti halnya dekat dengan jalan tol, area sekolah, rumah sakit dan lainnya. 

Oleh karenanya keuntungan dari punya rumah siap huni adalah karena terkenal dengan kemudahannya dalam meraih lokasi antara satu tempat strategis dan tempat lainnya tanpa berkendara jarak jauh.

3. Punya Sistem Keamanan yang Bagus

Sebenarnya karena rumah siap huni biasanya adalah kawasan perumahan cluster pastinya juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang mewadahi. Biasanya dengan membeli rumah siap huni pada sebuah perumahan akan dilengkapi dengan fasilitas penjagaan satpam selama waktu 24 jam. 

Itulah keuntungan dari membeli rumah tipe siap huni yang berbeda dari membeli rumah bukan dari perumahan yang tipe cluster. Pasti aman dari maling dan perilaku kejahatan lainnya. Namun dengan sistem keamanan 24 jam akan ada dana yang disisihkan untuk fasilitas seperti ini tiap bulannya.

4. Ada Kelengkapan Mekanikal dan Elektrikal

Berbeda dengan memiliki rumah secara indent, kenyataannya adalah rumah siap huni ini sudah langsung bisa ditempati tanpa harus memikirkan beberapa unsur pelengkap rumah. Seperti halnya mengenai pengadaan aliran listrik, air dan juga beberapa fasilitas elektronik tambahan lainnya seperti penghangat air digital untuk mandi ataupun kompor tanam. 

Kelengkapan mekanikal seperti halnya kitchen set lengkap juga pemasangan alat-alat mandi menjadi kelebihan dari membeli rumah siap huni. 

Baca Juga :   7 Perumahan Eksklusif Depok Mulai Dari 650Jt Saja, Cari Tahu Yuk!

5. Golongan Investasi Jangka Panjang

Melihat dari harga rumah siap huni yang selalu bisa naik tiap tahunnya sesuai dengan perkembangan harga properti perumahan cluster. Membeli rumah siap huni juga menjadi aset investasi jangka panjang. Berbeda dengan membeli rumah bukan tipe cluster, biasanya rumah akan dijual dengan cara lelang yang terkadang nilai belinya bisa turun drastis. 

Menginvestasikan perumahan siap huni ini adalah pilihan tepat untuk bisa dijual dengan harga yang naik berdasarkan trend perkembangan nilai jual properti tiap tahunnya yang sudah pasti.  

Tips Untuk Membeli Rumah Siap Huni

Setelah mengetahui apa saja keuntungan punya rumah siap huni, berikutnya adalah mengenai tips membeli rumah siap huni bagi banyak kalangan masyarakat yang memang memilih untuk memiliki hunian bertipe seperti ini. Inilah beberapa point dari tips yang bisa dilakukan ketika ingin membeli properti jenis rumah siap huni: 

1. Cari Jasa Agen Properti yang Bagus

Adalah hal yang perlu dilakukan ketika ingin membeli rumah siap huni adalah dengan mencari lewat agen properti yang sudah bergengsi di wilayah tersebut. Hal ini juga mempengaruhi akan proses jual-beli yang lebih efektif. Karena dengan menggunakan jasa agen properti, ada tangan kedua yang bisa diberi kepercayaan dalam urusan jual-beli rumah. 

Agen properti yang bagus akan melayani para customernya dengan loyal berikut juga ramah mengenai penyampaian informasi terkait proses jual-beli rumah siap huni yang diperlukan bagi yang pertama kalinya sedang mencari rumah. 

2. Perhatikan Lokasi Rumah Siap Huni

Jika ingin membeli rumah siap huni berarti yang perlu untuk dipertimbangkan adalah mengenai lokasinya. Pastikan untuk memperhatikan kebutuhan pemilihan rumah siap huni dengan lokasi yang diinginkan cukup strategis atau tidak. Karena ada beberapa cluster rumah siap huni yang berlokasi di daerah rural, namun tidak menutup kemungkinan daerah tersebut akan berkembang sesuai dengan kepadatan penduduknya. 

Menjadi hal yang lumrah untuk bisa memiliki rumah siap huni sesuai dengan lokasi yang diinginkan mengingat kebutuhan lokasi ini berhubungan erat dengan aktivitas hidup seperti halnya dekat dengan akses transportasi menuju ke tempat kerja atau sekolah dan lainnya.  

Baca Juga :   Simak 7 Keuntungan Membeli Rumah di Perumahan Menggunakan Sistem KPR

3. Beli Lewat KPR dan Beri DP Setelah KPR Disetujui

Ini adalah tips membeli rumah siap huni bagi yang tidak sanggup membayar dengan harga tunai, yaitu dengan menggunakan KPR. Dari banyaknya jenis KPR yang ada, akan ada kemudahan dalam memilih rumah siap huni. Apabila membeli rumah siap huni lewat KPR, sebaiknya akan ada persetujuan KPR dari pihak terkait baru selebihnya bayar uang muka. 

Dengan memperhatikan KPR yang disetujui ini, maka akan ada kepastian mengenai urusan pembayaran terkait proses dari KPR tersebut. Jadi jangan beri DP atau uang muka sebelum KPR belum disetujui oleh pihak terkait. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Jelas KPR Non-Subsidi Bank Komersial 

4. Pilih yang Disertai dengan Garansi

Karena dalam membeli rumah siap huni adalah cara memiliki rumah yang sudah full fasilitas, biasanya rentan waktu dari awet atau tidaknya suatu fasilitas dari rumah siap huni jugalah bisa dihitung dengan jari. Ada yang dalam waktu lima tahun rumah siap huni sudah bertanda-tanda tidak lagi awet atau mengalami kerusakan. 

Cara untuk bisa bertahan dari keadaan ini adalah mencari rumah siap huni yang sudah dilengkapi dengan garansi. Jika sudah memilih rumah siap huni yang bagus dari segala faktor jangan lupa juga dengan urusan garansinya.

5. Pilih yang Sudah Lengkap Persuratannya 

Dalam membeli rumah siap huni tips terakhir bagi para pelaku yang ingin punya rumah layak huni adalah dengan mencari cluster perumahan yang punya surat-persuratan rumah lengkap. Adapun beberapa surat-persuratan itu terdiri dari Sertifikat Hak Milik, Akta Jual Beli, Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan, Surat Pajak Bumi dan Bangunan serta terakhir adalah mengenai Bukti pembayaran tagihan PDAM, PLN dan beberapa fasilitas lainnya pada rumah. 

Apabila dalam sebuah rumah siap huni itu sudah ada lengkap persuratannya maka akan terhindar dari urus-mengurus surat yang rumit kepengurusannya. 

Begitulah beberapa keuntungan dan tips dalam membeli rumah siap huni. Apakah tertarik dengan memiliki rumah siap huni? Jika iya jangan lupa untuk menelaah terlebih dahulu apa saja kepastian yang ada pada artikel kali ini mengenai informasi seputar rumah siap huni. 

Ingin menelaah selanjutnya mengenai informasi seputar properti? Bisa saja dengan menelusuri Website Taman Arcadia untuk membaca artikel lainnya yang menambah wawasan.