Investasi Properti Kost-Kostan: 5 Tips dan Potensinya

investasi-properti-kost-kostan-tips-dan-potensi

Investasi properti kost-kostan- Sudah mengenal satu jenis properti yang viral sejak lamanya, sekarang keberadaan kost-kostan masihlah dicari-cari. Berguna sebagai tempat tinggal sementara bagi orang yang tidak tinggal di sekitar kota tersebut, kost-kostan menghasilkan ROI yang cukup menguntungkan. Ini karena nilai investasinya yang tidak lekang oleh waktu. 

Namun, bagaimanakah dengan pihak yang sebenarnya mengelola kost-kostan atau bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan sebagai investor properti berjenis kost-kostan ini? Pasti banyak persiapan yang harus dilakukan demi membangun usaha seperti ini, karena jika dipersiapkan dengan baik-baik akan sangat menguntungkan juga. Beginilah beberapa tips dan potensi kedepannya dari berinvestasi properti kost-kostan. 

Beberapa Tips untuk Investasi Properti Kost-Kostan

Menjalankan usaha investasi properti kost-kostan tidaklah mudah. Ini karena untuk menjalankan bisnis ini harus memikirkan baik-baik mengenai strateginya, jika tidak sesuai dan asal membuka tempat kost-kostan maka juga tidak akan bisa menjadi bisnis yang besar dalam waktu dekat. Oleh karenanya ini adalah beberapa tips bagi menjalankan investasi properti kost-kostan: 

1. Buka di Area yang Berpotensial

Tidak akan ada tips yang lebih mendukung selain membuka properti kost-kostan di tempat yang strategis atau memiliki potensial yang bagus untuk investasi jangka panjang. Investasi properti kost-kostan ini haruslah menjangkau konsumerisme secara area wilayah. Meliputi wilayah yang ramai, banyak fasilitas umumnya sampai dengan dekat dengan akomodasi transportasi.

Alasan kenapa harus buka kost-kostan di area yang strategis berhubungan dengan profit yang didapatkan nantinya bisa diluar pangsa ekspektasi. Apalagi jika membuka bisnis kost-kostan di tempat sentral pendidikan atau perkantoran. Akan sungguh menguntungkan. 

Baca Juga :   7 Perumahan Eksklusif Depok Mulai Dari 650Jt Saja, Cari Tahu Yuk!

2. Bangun Kost-Kostan Sesuai dengan Target Market

Salah satu tips yang bisa dilakukan dalam investasi properti kost-kostan adalah dengan membangun sarana dan prasarana yang sesuai dengan target market. Lantaran sudah menempatkan kost-kostan pada lokasi yang strategis, maka selanjutnya adalah mengenai alokasi tipe kost-kostan yang akan dibangun. Menyesuaikan dengan budget, pastinya setiap pendiri bisnis ini juga ingin memberikan tipe kost-kostan yang berkualitas. 

Namun tak ayal target market adalah salah satu yang menjadi pengukur dari kualitas bangunan yang ingin dibangun. Misalkan jika target market adalah para mahasiswa/i maka khususkan kebutuhan desain dari kost-kostan yang tepat. Banyak sekarang developer bangunan atau arsitek yang bisa membantu merealisasikannya.

3. Sediakan Fasilitas Lengakp

Salah satu alasan dari laku kerasnya sebuah investasi properti kost-kostan adalah karena memiliki fasilitas lengkap. Fasilitas apa saja yang disesuaikan oleh kebutuhan penyewa? Adalah sarana internet, listrik juga air PAM. Sedangkan untuk prasarananya bisa dicukupi secara tidak menyeluruh selain kamar dan isinya yang cukup mewadahi. 

Biasanya kamar kost-kostan yang lengkap fasilitasnya sudah meliputi kasur, lemari pakaian, dan satu meja kerja atau belajar. Namun tidak menutup kemungkinan kost-kostan juga ada yang dilengkapi dengan ruang santai bersama. Biasanya kualitas dari fasilitas kost-kostan bisa dipengaruhi oleh target market dan wilayah strategis kost-kostan yang ada. Jadi nggak harus selalu dengan fasilitas yang mewah. 

4. Tawarkan dengan Harga yang Sesuai

Jika ingin investasi properti kost-kostan laku, maka tawarkan harga sesuai dengan fasilitas yang ada juga target market yang akan menyewanya. Kebanyakan kost-kostan suatu daerah tertentu memiliki harga dengan range berbeda. Biasanya semakin valid dengan pusat kota atau sebuah fasilitas umum harga bisa semakin naik. Tapi nggak menutup kemungkinan dengan pasang harga yang lebih rendah bisa menarik orang untuk menyewanya.

Pastikan agar selalu riset harga pasar kost-kostan di daerah yang sama. Selalu mengenal kompetitor lainnya bisa menjadi sumber penentu harga dari kamar kost-kostan yang ada. Harga bisa disesuaikan dengan strategi pasang yang juga dilihat dari pangsa kompetitor juga melihat dari profil si penyewa yang sedang mencari kost-kostan yang cocok buatnya. 

Baca Juga :   Software Sistem Manajemen Properti: 5 Manfaat dan Implementasi

5. Pemasaran Mouth to Mouth

Adalah cara jitu untuk bisa investasi properti kost-kostan yaitu melakukan pemasaran secara direct selling atau melalui cara mouth to mouth. Mungkin dengan melakukan promosi secara mouth to mouth ini lebih bisa menarik para potensi penyewa. Hal ini karena mouth to mouth lebih efektif dalam menyampaikan informasi secara mendetail, apalagi dari seseorang yang sudah pernah menyewa kamar pada sebuah kost-kostan. 

Oleh karena itu, sering-sering minta bantuan kepada penghuni kost-kostan untuk bisa memberikan rekomendasi kamar kost-kostan bagus kepada kenalan mereka lainnya. Dengan begitu ada peluang besar agar para potensi penyewa baru tau mengenai kelebihan dari kamar kost-kostan yang ditempati lewat penilaian langsung dari penyewa sebelumnya.  

Ini Potensi Investasi Properti Kost-Kostan

Salah satu keuntungan dari investasi properti kost-kostan adalah uang sewa yang mengalir ke kas secara periodik. Selain itu ada beberapa potensi dari investasi properti kost-kostan selain dari segi keuntungan secara materil, namun secara bisnis yang berjalan. Berikut ini adalah beberapa potensi berinvestasi properti jenis kost-kostan: 

1. Menambah Portofolio Investasi

Banyak orang sudah berumur yang pastinya ingin agar bisa memiliki banyak portofolio investasi komersial, dan salah satunya investasi properti kost-kostan adalah salah satunya. Portofolio investasi sejenis kost-kostan ini punya banyak manfaatnya selain nilai ROI nya yang selalu bisa mengalir sesuai dengan banyaknya para penyewa kamar kost-kostan. 

Portofolio investasi sejenis kost-kostan yang tergolong ke investasi jangka panjang ini juga tidak akan merugikan karena harga sewanya yang bisa naik sesuai dengan perkembangan harga sebuah wilayah tertentu. Apalagi jika kost-kostan dibangun di kawasan pusat kota atau dikelilingi banyak fasilitas umum lainnya.

2. Mengembangkan Kawasan Tepat Guna

Karena kost-kostan terkadang dibangun pada kawasan yang berbeda, maka tak ayal jika keberadaannya bisa dijadikan sebagai sarana pengembangan kawasan tepat guna. Potensi investasi properti kost-kostan ini antaranya berhasil jika memang si pendirinya tau peluang besar dari terbentuknya sebuah kawasan yang bisa berkembang di kemudian harinya. 

Baca Juga :   Tips Membeli Rumah Dengan Sistem Take Over Kredit

Jadi sebuah bangunan kost-kostan yang didirikan di sebuah wilayah yang belum ramai sebelumnya tapi seiring dengan berjalannya waktu bisa berkembang maka kost-kostan tersebut sudah termasuk berkontribusi penting terhadap perkembangan kawasan tepat guna itu juga. Hal ini bisa memberikan nilai aset sewa yang bertambah seiring dengan kawasan yang semakin berkembang. 

3. Menambah Kepedulian atas Pemenuhan Tempat Tinggal Sementara

Pemenuhan terhadap kebutuhan tempat tinggal sementara merupakan potensi dari investasi properti kost-kostan. Membangun kost-kostan sendiri adalah hal yang membantu selain juga menguntungkan. Salah satunya adalah karena dengan didirikan kost-kostan berarti sebuah area tersebut sudah tercukupi kebutuhan akan pemenuhan tempat tinggal sementara bagi banyak orang yang mencarinya. 

Tidak banyak juga sebuah wilayah tersebut menyediakan sebuah kost-kostan. Jadi salah satu tips yang berhubungan dengan potensi di point ini untuk mendirikan sebuah kost-kostan adalah dengan mengetahui apakah kawasan tersebut belum dibangun sebuah kost-kostan. Karena dengan begitu kost-kostan tersebut bisa lebih ramai dengan penyewa karena merupakan yang pertama kalinya ada di area tersebut.  

4. Merupakan Bisnis Sampingan yang Pemasukannya Tetap

Dengan menjalankan bisnis investasi properti kost-kostan adalah hal yang paling tepat. Karena mendirikan kost-kostan yang bagus untuk disewa merupakan alih dari bisnis sampingan yang menjejal ke arah passive income. Mendengar istilah passive income pastinya akan sangat menggiurkan mengenai potensi pemasukannya dan ternyata memang benar adanya. 

Hanya mendirikan kost-kostan saja memang membutuhkan budget yang sesuai, namun ketika kost-kostan sudah punya penyewa tetap maka pemasukan juga akan tetap. Coba saja bayangkan jika sebuah kost-kostan memiliki 5 kamar penyewa tetap selama kurun waktu 3 tahun mendatang. Maka keuntungannya juga bisa dihitung selama 3 tahun kali 5 dengan harga kost-kostan yang berlaku.

Ada banyak sekali keuntungan dari menjejal investasi properti kost-kostan. Selain hal tersebut nyatanya ada juga beberapa tips bagi orang yang ingin mencoba untuk berinvestasi kost-kostan. Merupakan aset yang nilainya bisa naik sewaktu-waktu dan juga merupakan sarana dari passive income, investasi jenis ini sudah sepatutnya untuk dicoba.

Bagi yang sedang ingin melihat properti perumahan cluster kawasan Depok anda bisa memilih pada perumahan Taman Arcadia. Ada beberapa cluster pilihan dengan kualitas bagus ditawarkan seperti Permata Arcadia Amethyst dan Taman Arcadia Rosewell.