7 Ide Fasad Rumah Kekinian, Contoh Buat Agen Developer

7-ide-fasad-rumah-kekinian

Ide fasad rumah kekinian- Setiap rumah yang dibangun akan memiliki tampilan depan bangunan atau tampilan luar dari rumah. Itulah yang disebut sebagai fasad . Merupakan istilah dari Perancis yang berarti ‘depan’ atau ‘muka’, fasad adalah sebutan yang kerap diucapkan ketika mengistilahkan eksterior bangunan terutama rumah. 

Ada banyak macam ide desain fasad dari sebuah rumah yang berbeda antara satu sama lainnya. Zaman berkembang begitu juga dengan dunia eksterior yang pastinya memiliki ragam dari berbagai desainnya. Diantaranya ada beberapa contoh pengaplikasian fasad rumah yang bisa ditiru dengan penggunaan material, warna dan bentuk yang berbeda. Simak artikel ini untuk mengetahui pilihan ide fasad kekinian. 

1. Penggunaan Material Kayu untuk Rumah Modern

Ada banyak macam fasad rumah yang menggunakan material kayu sehingga menambahkan nilai estetik sederhana dari tampilan depan rumah. Kayu biasanya berupa tambahan berupa ulir yang membentuk saluran angin dan sudah banyak dipatenkan pada banyak rumah cluster dengan interior dan eksterior modern. Ada pula penggunaan kayu full untuk dinding luar rumah yang menekankan kesan elegant. 

Ide fasad rumah kekinian dengan penggunaan material kayu ini adalah cara yang tepat mengingat kayu menambah nilai estetik dari fasad dan juga menyentimenkan akan perkembangan zaman dari dunia desain interior maupun eksterior. Material kayu bisa dipilih dan disesuaikan dengan jenisnya serta bisa diplitur atau diberi warna kayu yang masih terlihat natural.  

Baca Juga :   Mengenal 11 Jenis KPR di Indonesia

2. Roster dari Dinding Beton untuk Rumah Minimalis

Ide lainnya untuk penggunaan fasad rumah adalah dengan membangun roster atau biasa disebut sebagai dinding ventilasi yang fungsinya sebagai saluran angin. Roster sudah berkembang sesuai dengan inovasi yang ada. Biasanya terbuat dari dinding beton bercat putih atau semen biasa yang berupa gambar pattern atau anyaman serta juga batik yang modern. 

Roster sebagai ide fasad rumah kekinian juga merupakan pilihan yang cerdas karena masih tidak banyak perumahan yang membuat roster sebagai fasad rumah mereka. Begitupun juga roster bisa menambah nilai seni dari tampilan depan rumah terlihat tidak biasa dan sempurna. Selain berguna sebagai desain ada juga nilai fungsinya sebagai aliran angin. 

3. Atap Datar untuk Rumah Modern Minimalis

Penggunaan atap juga merupakan identitas bagi desain fasad sebuah rumah. Ada beberapa macam atap yang biasa dipergunakan oleh sebuah rumah, namun yang paling memberi kesan mewah dan juga minimalis adalah atap datar atau flat. Jadi atap datar tidak menggunakan genteng namun berupa beton biasa dan terlihat begitu fungsionalis karena bisa dipergunakan untuk rooftop. 

Atap flat termasuk ke dalam ide fasad rumah kekinian yang bisa dicontoh oleh banyak agen developer bangunan. Kesannya yang minimalis tetapi tetap selaras dengan tampilannya membuat atap datar juga merupakan pilihan tepat untuk desain fasad rumah. Rumah bertipe luas apa saja bisa membangun atap datar, rumah besar maupun tipe rumah kecil. 

4. Atap Rumah Skillion atau Sandar

Selain atap datar, salah satu atap yang bagus dan bisa dicontoh sebagai ide fasad rumah kekinian adalah atap skillion atau atap sandar. Jenis atap ini adalah atap berbentuk miring, biasanya menyandar pada atap yang lebih tinggi namun ada juga yang desainnya berupa dua atap skillion yang berpisah. Atap skillion ini bisa menjadi pilihan untuk desain fasad rumah yang ingin terlihat beda dimensi dari penggunaan atap pada umumnya. 

Baca Juga :   Investasi Properti: Menilai Potensi Keuntungan dari Rumah Sewa

Rumah dengan atap skillion ini banyak ditemukan pada desain rumah cluster mewah yang biasanya seragam. Rumah atap skillion ini biasa dibuat pada rumah jenis modern minimalis hingga kontemporer sehingga terkadang punya nilai keunikan tersendiri. 

5. Penggunaan Material Kaca untuk Kesan Rumah Minimalis

Penggunaan kaca sebagai material dari fasad depan rumah juga menjadi pilihan yang tepat. Kaca menambah kesan luas dari tampilan fasad selain itu juga punya nilai seni yang terkesan mewah. Ide fasad rumah kekinian dengan kaca ini biasa ditemukan pada sebagian rumah yang juga menambah material beton pada fasadnya ataupun juga kayu. Penggabungan dua jenis material ini akan menambah kesan dinamis pada tampilan fasad. 

Kaca biasanya ada pada bagian sisi tepi atau sudut rumah yang berbentuk tegak lurus. Biasanya penambahan kaca disamakan dengan fungsi menunjukkan jika dalam rumah itu adalah tangga utama di dalam rumah atau menandakan rumah dengan high ceiling. Selain itu kaca sebenarnya juga bisa digunakan untuk menunjukkan ruangan secara garis besar untuk sejenis rumah tepi hutan. 

6. Asimetris atau Tambahkan Efek Beton 3D

Biasanya ada sebuah fasad yang dengan tambahan bangunan menonjol ke depan. Itu bisa disamakan dengan istilah asimetris efek 3D. Jadi untuk menambah keistimewaan fasad yang datar, ada cara lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menonjolkan bangunan di salah satu sisi pada tampilan fasad. Terbentuklah efek 3D yang juga menunjukkan bahwa bangunan rumah terlihat minimalis modern dan juga melalui perkembangan inovasi terkini untuk ide fasad rumah kekinian. 

Efek Beton 3D tidak tinggal di situ saja namun bisa juga dengan menambahkan material lainnya yang sesuai. Biasanya kaca dipergunakan untuk efek 3D ini jadi tidak hanya berupa beton tunggal biasa saja. Efek asimetris ini cocok bagi rumah yang bertipe besar, karena dengan begitu ada beberapa tonjolan yang membuat fasad rumah tidak datar. 

Baca Juga :   9 Tips Memilih KPR yang Tepat untuk Masa Depan Finansial

7. Tambahkan Tumbuhan yang Sesuai di Beberapa Sisi

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan penambahan tumbuhan juga bisa menonjolkan tampilan fasad rumah. Tumbuhan dengan berbagai variasinya bisa ditambahkan. Seperti halnya tanaman sulur khusus untuk dekorasi atau tanaman dalam pot yang ditata sebaik mungkin. Penambahan tumbuhan khusus untuk dekorasi ini selain juga terkesan hijau juga bisa menambah nilai seni dan hidup bagi banyak desain tampilan rumah. 

Pastikan untuk menambahkan tumbuhan yang mudah dalam perawatannya. Diantaranya adalah tumbuhan yang bisa tidak terlalu sering disirami air, karena untuk menyiramnya membutuhkan usaha lebih mengingat tumbuhan hanya sebagai dekorasi saja. 

Tampilan depan rumah adalah hal yang dikatakan sebagai mahkotanya bangunan rumah. Oleh karenanya ada banyak inspirasi dari ide fasad rumah kekinian yang bisa ditiru dan juga diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing rumah. Mulai dari penggunaan atap, bahan material yang sesuai sampai dengan kombinasi warna yang maksimal. 

Bagi yang sedang ingin melihat properti perumahan cluster kawasan Depok anda bisa memilih pada perumahan Taman Arcadia. Ada beberapa cluster pilihan dengan kualitas bagus ditawarkan seperti Permata Arcadia Amethyst dan Taman Arcadia Rosewell.